Share

BONDOWOSO – Sekretaris Daerah Bondowoso, Syaifullah, mengimbau Pemerintah Desa untuk mengalihkan Bantuan Sosial Tunai (BST) apabila ditemui data KPM yang dinilai tidak rapat sasaran. Sebab, ada beberapa temuan bahwa penerima BST dari Kemensos tersebut justru keluarga mampu, bukan dari keluarga miskin.

Sekda Syaifullah menjelaskan, Desa dapat memfasilitasi pengalihan BST dari penerima yang kategori mampu kepada yang miskin atau yang berhak menerima. Caranya dengan membuat pernyataan hibah bermatrai.

“Kepala desa dapat melakukan hibah bantuan dari yang mampu kepada yang tidak mampu dengan pernyataan bermatrai. Ini langkah sementara untuk kepala desa agar dapat mengatasi realisasi bantuan kepada masyarakat,” jelasnya Senin, (13/05/2020).

 

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Manfaatkan Gedung Sekolah Sebagai Tempat Isolasi Pemudik

 

Kemudian, tambah Syaifullah, pernyataan bermatrai antara pemberi hibah dan penerima harus disimpan pihak Desa untuk dijadikan bentuk pertanggungjawaban ketika dibutuhkan kemudian hari.

Sekda Syaifullah mengatakan telah melakukan koordinasi dengan stake holder terkait daerah dan Pemerintah Pusat untuk merubah data tersebut. Hingga data selesai dibenahi, pengalihan atau melakukan hibah bantuan menjadi alternatif sementara. Sebab BST harus segera disalurkan.

“Sementara kami melakukan koordinasi dengan leading sektor daerah dan pusat,” tutupnya. (abr)