BONDOWOSO – Puluhan warga yang rumahnya terdampak banjir di Desa Wonoboyo, Kecamatan Klabang menyampaikan keluh kesahnya pada Sekertaris Daerah Hidayat. Tak sedikit di antara mereka yang bahkan berkaca-kaca saat bercerita tentang kondisi rumah ataupun sawah yang diterjang banjir pada Minggu (28/1)

Tahwar, 52, yang rumahnya rusak parah menceritakan, bahwa harta bendanya nyaris habis akibat banjir tersebut. Pada saat kejadian dirinya dan keluarga berlari dan tak sempat untuk menyelamatkan harta benda.

“Jam 23.30 malam, untungnya kita jaga-jaga pas hujan deras itu sejak pagi. Jadi kita hanya menyelamatkan jiwa, harta benda sebagian nggak ada yang selamat. Kurang lebih tingginya 1,5 meter,” jelasnya.

Sebelum itu, Sekda Hidayat dengan ditemani Kepala Dinas PUPR Karna Suswandi, melihat rumah warga yang rusak parah akibat banjir sembari memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh warga. Ia pun juga memberikan paket bantuan pada para korban.

Baca Juga : Bendungan Jebol, Kadis PUPR Bondowoso Datangi Lokasi

Usai itu, Ia tak segan menaiki tumpukan batu dan pasir tanpa dikawal oleh pengamanan hanya untuk melihat langsung plengsengan yang rusak akibat banjir.

Ia menyampaikan bahwa akan segera menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait untuk mencarikan langkah-langkah yang tepat agar tidak terjadi banjir lagi di wilayah desa Wonoboyo.

“Saya tidak ingin selamanya setiap membangun satu tahun banjir. Makanya saya akan melakukan kajian dan anlisa, nanti para ahli akan melihat sejauh mana dengan topografi yang ada di daerah sini tentutanya harus kita kihat dulu,”  ujar laki-laki yang maju sebagai bacawabup mendampingi Ahmad Dhafir usai menyambangi korban banjir di desa Wonoboyo, Senin (29/1).

Sementara itu, Kepala Desa Wonoboyo, Tubaini, mengatakan, apresiasi dan terima kasihnya karena Sekda Hidayat terjun langsung untuk melihat dan memberikan motivasi kepada para korban.

Menurutnya, ada sekitar lima rumah yang rusak parah, sedangkan 40 rumah lainnya mengalami rusak ringan. Selain itu, juga ada 130 hektar lahan sawah yang rusak akibat banjir. (och)