Share

BONDOWOSO – Sebanyak tiga ribu anak usia dini turut berpartisiapsi di acara lomba mewarna dalam rangka Hari Ibu, (16/12) di Aula KH Amin Said Husni, EDC Bondowoso. Ribuan anak usia dini terebut merupakan perwakilan dari sekitar 738 PAUD yang tersebar dari seluruh wilayah kota Tape.

Sekertaris Daerah Hidayat, saat membuka acara tersebut menyampaikan, lomba mewarnai ini merupakan salah satu upaya untuk membentuk karakter yang baik di usia 0-6 tahun atau dikenal dengan golden age. Pada fase ini, menjadi fase terpenting bagi perkembangan anak.

Fase ini pula yang menjadi  fase dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, dan kemampuan motorik, sosio emosional, bahasa, agama dan juga moralnya. Begitu pentingna fase golden age ini, maka orang tua maupun Himpaudi (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini)  dituntut untuk memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi anak-anak dan memberikan stimulasi yang baik.

 

Baca Juga : BPBD Bondowoso Ganti 10 Persen dari Nilai Kerugian Terdampak Puting Beliung

 

“Himpaudi ini harus inovatif dan kreatif dalam rangka mengembangkan anak-anak kita. Karena anak-anak ini adalah harapan masa depan. Ini adalah usia yang sagat strategis dan kritis. Maka jika kita salah dalam membina anak maka hasilnya akan tidak baik untuk ke depan,” paparnya.

Menurutnya, menjadi tugas bersama, antara pemerintah, orang tua, dan masyarakat dalam menanamkan moralitas kepada anak-anak usia dini.

Sementara itu, Murni, Kepala Bidang Paud, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, menyampaikan lomba mewarna ini untuk mengembagkan kreatifitas anak. Karena pada fase golden age ini semua kreatifitas dan potensi anak bisa digali.

“Ada enam hal yang ingin ditanamkan melalui lomba mewarna ini, seperti agama, sosial, bahasa, seni, kognitif dan motorik anak,” paparnya. (och)