Share

BONDOWOSO – Dalam upaya menaikkan predikat Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Kabupaten Bondowoso, Sekretaris Daerah Hidayat meminta kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar memahami kembali tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Hal itu Sekda Hidayat sampaikan pada evaluasi paparan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di gedung Shababina 1, Pemkab Bondowoso, Rabu (26/7/2017).

“Oleh karena itu saya minta kepada kepala OPD Betul-betul mengusai tentang tugasnya,” ucap Hidayat.

Sekda menilai selama ini tingkat pemahaman terhadap tupoksi tersebut belum terserap dengan baik. Hal tersebut Ia ketahui ketika OPD memberikan paparan SAKIP kepada Bupati. Banyak dari mereka yang penyampaiannya terpaku pada teks bukan dari hasil pemahaman yang mereka dapat. Sekda juga mengungkapkan bahwa, acap kali pemaparan sangat terlihat tidak profesional dikarenakan mereka kesulitan membaca tulisan berukutan kecil maupun jenis font yang terlihat tidak jelas.

 

Baca Juga : Dana DD Meningkat, Masyarakat Harus Aktif Mengawal

 

“Terlihat ketika para OPD menyampai paparan di depan bupati yang masih terpaku pada teks. Hendaknya model pemaparan tersebut dipahami. Pemaparannya hendaknya di keluarkan secara murni dari hasil pemahaman bukan didapat dari teks yang dibacakan,” ungkap Sekda.

“Acap kali ketika ada teks yang kecil yang sulit terlihat sehingga pemaparan mereka tersendat. Paparan yg baik itu bukan terlihat dari kelancaran membaca tapi sejauh mana orang lain paham tentang apa yang hendak kita ingin sampaikan,” tambahnya.

Pembinaan tersebut Sekda berikan semata-mata ingin apa yang diharapkan oleh Bupati untuk meningkatkan predikat LAKIP dapat tercapai. Sekda Hidayat memahami bahwa, berkoordinasi dengan OPD adalah tanggungannya selain membantu Bupati dalam menyusun kebijakan.

“Ini semata-mata saya lakukan demi mewujudkan impian Bupati untuk mengejar nilai bagus LAKIP yang telah berkomitmen dengan Kemenpan. Saya yakin kalau dipahami bersama dan semnagat yang tinggi kita pasti bisa,” pungkas Sekda Hidayat. (abr)