Share

BONDOWOSO – Ratusan pengurus pramuka yang terdiri atas Mejelis Pembimbing, Kwartir dan LPK dari lima kecamatan dilantik oleh Sekertaris Daerah Bondowoso, Hidayat di Penopo Bupati, Selasa (9/1). Lima kecamatan yang dimasud yakni Taman Krocok, Tapen, Pujer, Botolinggo dan Pakem.

Sekda Hidayat yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bondowoso, mengharapkan agar seluruh pengurus yang baru saja dilantik bisa membawa pramuka sebagai organisasi pendidikan untuk mengantarkan anak muda jadi lebih baik. Artinya, pramuka harus bisa mendidik karakter generasi muda.

“Jadi karakter ini harus kita bangun. Melalui Pramuka ini harus dididik masyarakat dan anak-anak itu agar lebih displin, tangguh, loyalitas dan setia. Banyak hal positif dari pramuka,” ujarnya.

Baca Juga : Hari Kedua, Pencarian Korban Tubing Libatkan Basarnas

Ke depan, Ia berharap agar melalui pramuka ini semua pihak bisa mengimplementasikan pendidikan yang tidak hanya di kelas. Melainkan juga di luar kelas, dalam hal ini sikap bersosial dan cinta tanah air.

“Tapi juga diluar kelas, bagaiamana mereka bisa bersikap santun, bagaimana mereka memiliki rasa tanggung jawab, bagaiman mereka menghormati orang tua dan bagaiman dia membangun cinta tanah air dengan rasa persatuan dan kesatuan,” jelas Hidayat.

Penanggulangan Bencana

Sejumlah bencana alam telah terjadi di Bondowoso, mulai dari angin puting beliung, tanah longsor hingga banjir bah yang menewaskan seorang pelajar MTs At Taqwa beberapa hari lalu. Karena itulah, Sekda Hidayat berharap agar seluruh pengurus pramuka hingga tingkat dasar harus hadir di-tengah-tengah bencana yang terjadi.

“Harapan saya pramuka itu seperti ada bencana dan sebagainya, maka saka-saka yang harus hadir di situ yang mengenai bencana alam. Mereka ada di situ,” ujarnya.

Tentunya, hal ini juga merupakan bagian dari upaya untuk menjadikan pramuka selalu hadir sesuai dengan harapan masyarakat. Sehingga, anak-anak yang tergabung di dalam pramuka bisa terlatih untuk menjadi orang yang memiliki jiwa rasa persatuan, asah, asih dan asuh.

“Sehingga kalau sudah tertanam seperti ini, maka enak nanti,” pungkasnya.(och)