BONDOWOSO – Merayakan hari kemerdekaan dengan menggelar upacara bendera tentu menjadi kewajiban warga negara Indonesia sebagai bentuk kecintaan kepada bumi pertiwi. Untuk mengekspresikan bentuk kecintaannya pun beragam, tergantung kepada suasana hati pada masing-masing pribadi maupun suatu kelompok. Karena adanya perbedaan itulah membuat momen HUT RI Ke-72 di Bondowoso tersaji bak warna warni pelangi yang sangat indah.

Berikut momen unik tersebut yang berhasil Memo Indonesia rangkum.

Pertama Pecinta Alam. Mereka memilih mengibarkan sang merah putih di atas ketinggian. Bagi mereka, itu adalah cara yang lebih menarik yang tak mungkin sembarang orang dapat melakukannnya. Pemandangan tersebut dapat dijumpai di bukit Megasari, gunung Ijen, Puncak Scorpio dan bukit Patirana. Mereka itu adalah sekumpulan orang yang memiliki rasa bangga berlebih kepada bumi Bondowoso karena kekayaan alamnya menawarkan sejuta keindahan.

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 

Kedua, Pecinta olahraga renang atau yang suka mandi di sungai. Mereka memilih untuk menancapkan tiang bendera di dasar air hingga menjulanglah merah putih ke permukaan gemercik air sungai. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa di bendungan sampean baru dan bendungan di Desa Tangsil pagi tadi. Sayangnya, upacara di dalam laut tak bisa masyarakat Bondowoso ekspresiakan, karena Bondowoso memang tak memiliki garis pantai.

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 

Ketiga, komunitas penyayang motor yang tergabung dalam klub motor. Di alun-alun Ki Bagus Asra pagi tadi terlihat banyak sepeda skutik atau vespa diparkir rapi layaknya sebuah pleton berbanjar dengan ditemani ownernya masing-masing.

Foto: Istimewa

Yang tak kalah uniknya yaitu sekelompok petani yang menaikkan bendera di tengah lahan persawahan. Manariknya, kalau perlengkapan pasukan upacara seperti biasa adalah baret dengan sarung tangan, para petani itu terlihat menggendong tangki pupuk penyiram tanaman. Namun tidak ada keterangan pasti tentang di mana upacara ini dilaksanakan.

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 

Terakhir adalah Kaum Santri. Di pondok pesantrean Al-Maliki, Koncer, terlihat para santri menyelenggarakan upacara bendera memakai gamis lengkap dengan lilitan sorban di kepala, yang biasa disebut imamah oleh orang sunni. Tentu gambaran itu bisa dikatakan merupakan manifestasi jiwa agamis dan rasa nasionalisme tinggi yang dimiliki para santri. Seperti pemandangan yang biasa dilihat di timur tengah bukan!

Foto: Istimewa

Kira-kira upacara unik yang mana yang paling anda sukai?

(abror)