Share

PROBOLINGGO – Untuk menghormat tamu Allah SWT yang akan melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suami yang juga anggota DPR RI Komisi VIII Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si melepas Calon Jamaah Haji (CJH), Minggu (13/8) kemarin di Wisata Religi Miniatur Ka’bah Desa Curahsawoh Kecamatan Gending.
Pemberangkatan CJH ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko beserta ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Anggota Forkopimda dan segenap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Probolinggo.

CJH kloter 51 dan 52 sejumlah 794 orang itu diberangkatkan pukul 09.00 WIB di awali dengan kumandang Adzan dan Iqomah oleh Ust Kholisun, dilanjutkan do’a dipimpin oleh Rais Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Jamaluddin Al Hariri.

Bupati Tantri menjelaskan ibadah haji memerlukan kesiapan spiritual dan mental sebab ibadah haji merupakan ibadah fisik yang perlu kesiapan kesehatan ekstra. Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memberikan fasilitas obat obatan dan petugas medis untuk memantau kesehatan para Jamaah Haji.

“Semoga dengan adanya fasilitas ini nantinya dapat memperlancar pelaksanaan haji baik mulai dari pemberangkatan hingga kembali ke tanah air dan menjadi haji yang mabrur,” harap Bupati Tantri.
Sementara H. Hasan Aminuddin sebagai anggota DPR RI Komisi VIII yang membidangi masalah haji menyatakan bahwa tugas Komisi VIII memantau pelaksanaan ibadah haji termasuk ketersiadaan makanan, obat obatan dan kesiapan tenaga medis agar supaya para jamaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan lancar.

“Tim pengawas akan terjun langsung ke tanah suci Makkah, agar supaya pelayanan, kenyamanan dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji selalu mengalami peningkatan dan lebih baik dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Sebelumnya, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo telah memastikan bahwa visa jamaah haji sudah beres.

 

Baca Juga : Bupati Faida Lepas 2.316 CJH Jember

 

“Untuk visa sudah selesai semuanya. Visa sudah ada di asrama haji dan akan dibagikan di sana. Jadi tinggal berangkat saja, “kata Kasi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, Mukhlason kepada media.

Menurut Mukhlason, hingga saat ini belum ada perubahan jumlah jamaah. Dimana jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat pada musim haji tahun ini sebanyak 794 orang. Para CJH ini terbagi dalam Kelompok Terbang (Kloter) 51 dan 52.

Kloter 51 sebanyak 445 CJH (laki-laki 211 orang dan perempuan 234 orang) dengan Ketua Kloter Muhammad Taufik. Sedangkan Kloter 52, berjumlah 349 CJH (laki-laki 170 orang dan perempuan 179 orang). Kloter yang diketuai Syamsul Huda, akan bergabung dengan jamaah asal Kota Surabaya.

“Tidak ada perubahan. Sementara koper-koper mereka sudah dikumpulkan di kantor dan sudah dimasukkan ke dalam truk untuk dibawa ke Surabaya,” terangnya.

Ratusan jamaah yang tersebar di 24 kecamatan itu akan berkumpul di enam titik kumpul pemberangkatan. Yakni Kecamatan Kraksaan, Paiton, Tongas, Maron, Leces dan Gending. Jamaah ini berkumpul di Miniatur Kabah untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. (ufa)