Share

BONDOWOSO – Empat hari menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak pada 15 November 2021. Sebanyak 200 personil Satpol PP Bondowoso akan diterjunkan ke seluruh desa-desa yang menggelar Pilkades.

Untuk memastikan kesiapan tim pengamanan ini, maka dilakukan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Bupati Salwa Arifin, pada Kamis (11/11/2021).

Menurut Kasatpol PP, Selamet Yantoko, mereka nantinya akan disebar di 171 desa yang tersebar di 23 kecmatan.

Namun memang tak ada pendistribusian tim pengamanan tak akan disebar merata di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Atau di tiap desa pun diperkirakan jumlah personil yang diterjunkan berbeda.

“Kita tidak mengatur per TPS. Nanti selanjutnya kita akan minta bantuan Pak Camat untuk mendistribusikan tim pengamanan ini. Bisa jadi desa satu dengan yang lain tak sama,” katanya.

Dia memaparkan, penempatan personil nantinya akan diatur oleh Camat di masing-masing wilayah. Tentu, mengedepankan berdasarkan peta kerawanan maupun jarak.

Baca Juga : Disnaker Situbondo Adakan Pelatihan Tepat Guna Produk Olahan Mangga

“Akan diatur pak Camat yang lebih tahu kondisi di wilayahnya,” jelas pria yang akrab disapa Selamet ini.

Menurutnya, dalam upacara tersebut pihaknya tak hanya memeriksa kesiapan personil. Melainkan juga, menyampaikan sejumlah penekanan saat proses pengamanan.

Salah satunya yakni dalam melaksanakan tugas hendaknya mengedepankan humanisme. Serta tetap menghimbau kepada masyarakat yang melaksanakan Pilkades agar mematuhi protokol kesehatan.

“Sukses tidaknya Pilkades terdiri dari beberapa elemen. Termasuk paling besar yakni tingkat partisipasi pemilih dan partisipasi masyarakat dalam mendukung protokol kesehatan,” pungkasnya.(och)