Bondowoso – Air Terjun Sulaiman di Desa Glingseran Kecamatan Wringin saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati. Belum sampai sebulan sejak pertama diresmikan pada 9 April 2017, pengunjung yang datang sudah seribu pengunjung lebih.

Muawi Anto, tukang karcis di wisata Air Terjun Sulaiman, mengatakan bahwa sehari bisa lebih dari 50 pengunjung yang datang. Biasanya kalau hari libur, Minggu atau tanggal merah, bisa lebih dari 100 pengunjung. Jumlah ini yang bisa dilihat dari karcis yang terjual. ”Ini juga masih belum lagi pengunjung illegal,” katanya.

Menurutnya, pengunjung yang datang bukan hanya dari Bondowoso tapi juga dari kota lain, seperti Probolinggo, Bangkalan, Pasuruan, hingga Banyuwangi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata Rengganis, Desa Glingseran, Muhammad Abdahu, mengatakan bahwa saat ini masih banyak hal yang perlu disempurnakan utamanya terkait sarana dan prasarana. Rencananya sendiri, pihaknya masih akan membangun kolam renang anak, mushala, kamar mandi, gazebo, serta rumah makan.

Selain itu, Kelompoknya, juga masih akan mengajak para petani sekitar untuk menanam holtikultura dan buah-buahan di sawah sekitar air terjun. “Masih banyak yang perlu dibangun. Kita kemarin juga sudah mengajukan bantuan dana ke Dispaporahub untuk pembangunan jalan menuju lokasi pariwisata,” paparnya.

Pantauan di lapangan, ada banyak sarana prasarana yang belum ada. Seperti contohnya kamar mandi, baru dibangun dua hari lalu. Kamar mandi juga masih belum sempurna. Selain itu, juga masih belum ada mushala.

Ervina, Pengunjung wisata asal Nangkaan Bondowoso, mengaku sangat senang dengan keindahan wisata Air Terjun Sulaiman. Tapi dirinya mengaku kesulitan untuk ambil wudhu atau buang air kecil karena kamar mandinya masih belum sempurna. Selain itu, menurut Mahasiswi semester akhir Universitas Jember ini, akses jalan untuk turun ke Air Terjun Sulaiman juga sangat sulit. Untuk itu, Dia berharap agar sarpras yang belum terbangun agar segera dibangun. Karena Air Terjun Sulaiman memiliki keindahan yang patut diperhitungkan. Serta bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat sekitar.

Air Terjun Sulaiman, berada di Desa Glingseran, Kecamatan Wringin. Selain keindahan air terjun, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan dan keunikan Taman Rengganis, Situs Watu Kodok. (och/esb)