BONDOWOSO – Penyandang tuna netra yang kerap disebut kaum disabilitas, menunjukkan potensinya yang tak kalah luar biasa dari pada pemuda pada umumnya. Hal tersebut terlihat pada pelaksanaan lomba festival musik akustik yang diselenggarakan Disparpora Kabupaten Bondowoso melalui pekan pemuda 2017, Sabtu (07/05/2017).

Band pemuda tersebut bernama TnT Band, yang merupakan singkatan dari tuna netra band. Beranggotakan lima personil, TnT Band dengan nomor urut peserta 10 menunggu panggilan untuk tampil. Gelaran ini diselenggarakan di halaman belakang kantor Disparpora Bondowoso.

Ikrom, sang gitaris, menjelaskan bahwa keikut sertaan dalam ajang tersebut adalah sebagai bukti bahwa kaum disabilitas juga mempunyai potensi.
“Kita tunjukkan kami juga bisa, biar juga menjadi motivasi kepada penyandang disabilitas yang lain,” ungkap pemuda tuna netra tersebut.

Hingga Band TnT tampil, para penonton dan dewan juri tampak antusias dengan penampilan mereka. Membawakan lagu “Jangan Menyerah” dari D’Masiv, musikalisasi mereka juga mumpuni.

Didik, selaku pembina TnT Band mengunggkapkan bahwa di kabupaten Bondowoso saat ini belum serius dalam mengayomi kaum disabilitas. Padahal talenta yang dimiliki kaum disabilitas tak perlu diragukan.

“Bondowoso belum maksimal dalam memenuhi kebutuhan disabilitas makanya kami sulit berkembang di kota ini.

Perdanya kan tidak ada meski pun Peraturan Pemerintahnya ada. Harapan saya kaum disabel dapat difasilitasi, minimal pada layanan publik,” pungkas Didik. (abr/esb)