Share

BONDOWOSO – Sebanyak 1.873 orang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kabupaten Bondowoso di Balai Latihan Kerja (BLK), Kecamatan Wonosari.

Mereka berasal dari berbagai kota, bahkan luar Pulau Jawa. Adapun, peserta asal Bondowoso hanya berjumlah 560 orang.

Ribuan peserta ini memperebutkan 337 posisi di bidang kesehatan dan teknis Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Pelaksanaan tes SKD tersebut berlangsung selama tujuh hari, mulai 10-16 Oktober 2021. Setiap harinya ada sekitar tiga sesi, dengan masing-masing sesi diikuti sekitar 90 orang.

Demikian dituturkan oleh M. Iwan W, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian, BKD Bondowoso, dikonfirmasi Senin (11/10/2021).

Baca Juga : Peserta CPNS Bondowoso Wajib Vaksin dan Rapid Antigen, Bagi yang Terpapar C-19 Bisa Jadwal Ulang

Ia menjabarkan, ada 134 peserta yang mengikuti ujian di wilayahnya sendiri. Mereka rata-rata adalah peserta yang berasal dari luar Provinsi Jawa Timur.

“Jadi kalau saya tinggal di luar Jawa Timur, ikut tes regional setempat,” ungkapnya.

Pria akrab disapa Iwan ini menerangkan bahwa masing-masing peserta mengerjakan 110 soal dari tiga tes secara online selama 100 menit.

Terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK) ada 30 soal, tes intelengensia umum (TIU) ada 35 soal. Kemudian, tes karakteristik pribadi (TKP) sebanyak 45 soal.

Untuk masing-masing tes memiliki passing grade (nilai ambang batas), secara berurutan ada 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP.

Ia menyebutkan bahwa setiap peserta wajib lulus passing grade ini untuk lolos ke seleksi berikut. Namun, memang yang diambil adalah tiga pelamar teratas.

“Tes SKD ini menjaring tiga besar untuk masuk seleksi kompetensi bidang,” ujarnya.

Menurutnya pengumuman seleksi sendiri masih menunggu dari Panitia Seleksi Nasional yang akan diumumkan di SSCASN BKN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara.

“Hasil tesnya nanti serentak, insyaAllah. Menunggu dari Paselnas. Karena kita serentak di Indonesia,” pungkasnya.(och)