Share

SITUBONDO – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Dermaga Movable Bridge II Pelabuhan Jangkar, Minggu (19/12/2021). Orang nomor satu di Jatim ini optimis dermaga tersebut bisa melayani pelayaran jarak jauh.

“Khususnya rute Indonesia bagian timur. Yaitu Jangkar-NTT (PP), Jangkar-Sulawesi Selatan (PP) dan Jangkar-Kalimantan Selatan (PP),” ucapnya, Minggu (19/12/2021).

Eks Aktivis PMII ini mengatakan, Dermaga Movable Bridge (MB) II Pelabuhan Penyebrangan Jangkar juga direncanakan melayani penyebrangan angkutan ternak yang berasal dari Kepulauan Madura. “Ada tiga rute juga. Yakni Jangkar-Pulau Sapudi, Jangkar- Pulau Raas, Jangkar-Kangean. Sehingga, nantinya sudah tidak ada lagi hewan ternak yang diceburkan ke laut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono mengungkapkan, rencanakan pengembangan dan peningkatan fasilitas Dermaga Movable Bridge (MB) II Pelabuhan Penyebrangan Jangkar sejak tahun 2017. Dengan menggunakan anggaran yang berasal dari APBD Pemprov Jatim.

Baca Juga : Data Guru PAUD Tak Valid, Perempuan Bangsa Akan Lakukan Verifikasi

“Alhamdulillah tahun 2020 dermaga ini sudah bisa kita operasikan. Sementara ini Untuk rute-rute Kepulauan Madura,” ujarnya.

Nyono menerangkan, ada tiga KMP yang beroperasi di Dermaga Movable Bridge (MB) II Pelabuhan Penyebrangan Jangkar. “Yaitu Munggiyango Hulalo rute Jangkar-Pulau Kangean-Kalianget, Satya Kencana rute Jangkar-Sapudi-Kalianget dan Darma Kartika rute Jangkar-Raas-Kalianget,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Situbondo, Karna Suswandi meyakini dengan adanya Dermaga Movable Bridge (MB) II Pelabuhan Penyebrangan Jangkar tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Situbondo. “Terima kasih ibu gubernur. Semoga kedepannya semakin banyak program-program pembangunan dari Pemprov Jatim untuk Kabupaten Situbondo,” tukasnya. (Ozi).