Share

BONDOWOSO – Ratusan tenaga kerja mandiri mengikuti pelatihan keterampilan las lsitrik dan berternak unggas di BLK (Balai Latihan Kerja). Mereka berasal dari tiga kecamatan, yakni Curahdami, Botolinggo, dan Tapen.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPT-SPT) Bondowoso, Purni Wanardi, usai mengikuti pelatihan selama dua bulan sejak Oktober, ratusan tenaga kerja mandiri ini juga mendapatkan bantuan peralatan dari Kementrian Tenaga Kerja.

“Jumlah totalnya 280 orang, itu bantuannya diberi oleh Kemenaker,” jelasnya.

Ia menyampaikan kompetensi pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan dasar yang telah dilakukan sebelumnya. Karenanya, Ia berharap dengan adanya peningkatan keterampilan melalui pelatihan ini juga bisa meningkatkan daya saing ekonomi termasuk mengurangi angka pengagguran terbuka di Bondowoso.

 

Baca Juga : Desa Award 2017 Bondowoso, Ini Daftar Desa Peraih Juara

 

“Ujungnya bisa terwujud manusia yang beriman, berdaya dan bermartabat seperti visi dan misi Pak Bupati,” ujarnya pada Memo Indonesia, Senin (18/12).

Sementara itu, Sekertaris Daerah Hidayat , usai memberikan secara simbolis bantuan kepada tenaga kerja mandiri, menyampaikan pelatihan yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas tenaga kerja mandiri. Termasuk, turut mengurangi angka pengangguran di Bondowoso.

“Kita berharap para penerima bantuan sarana usaha ini mampu menjadi wirausahawan yang mandiri, produktif, dan beretos kerja tinggi. Selain untuk diri sendiri, usaha itu hendaknya juga bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain,” tutur Sekda. (och)