Share

SITUBONDO – Ratusan personil Kodim 0823 Situbondo mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjas) semester ke satu tahun 2022 di Stadion Abdoerahman Saleh, Rabu (11/5/2022).

Pelaksanaan tes Garjas tersebut melibatkan tim pengawas Jasrem 083/Baladhika Jaya Malang yang di pimpin oleh Mayor Caj (K) Lusi Indahyani, Pasi Pers Korem 083 Malang.

Kepala Staf Kodim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampak, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program kesamaptaan periodik dari komando atas. Yakni dalam rangka mengetahui sejauh mana kesiapan fisik seluruh personil TNI bilamana suatu saat di butuhkan dalam menjalankan tugas baru.

“Kegiatan Garjas ini dilaksanakan tiap enam bulan dan hari ini termasuk kegiatan tahap pertama,” kata Kasdim.

Ia menyebutkan, tahapan tes sendiri meliputi kesegaran. Di antaranya yang pertama dilakukan dengan melaksanakan lari dalam waktu 12 menit.

Kemudian tes kesegaran ke dua, yaitu gerakan Pull Up, Push Up, dan Lunghes dengan durasi 1 menit serta Shutle Run.

“Selain itu juga di laksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada dengan jarak 50 meter” , terangnya.

Baca Juga : Polres Bondowoso Lakukan Pemulihan Psikologis Anggota Pasca Operasi Ketupat Semeru

Ia menambahkan bahwa seluruh personil sebelum melaksanakan tes Garjas diawali pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan. Berupa pengukuran tensi, dan denyut nadi.

“Ini dilakukan karena ke depan tantangan TNI yang akan dihadapi akan semakin berat. Tentu hal itu dibutuhkan fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas tersebut,” ujarnya.

“Karena itu dengan adanya program tes Garjas periodik ke satu tahun 2022 ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh personil Kodim 0823 Situbondo,” pungkasnya.(Ipung)