Share

 

BONDOWOSO – Ratusan pelajar di Bondowoso mengikuti acara Massive action LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) di MAN Bondowoso, Sabtu (21/4). Dalam Massive Action, para alumni yang baru saja menyelesaikan studi di dalam dan luar negeri ini menginspirasi para siswa agar berani bermimpi setinggi-tingginya.

Ketua Acara Massive Action, Surya Asra, mengatakan, alumni-alumni akan berbagi cerita tentang perjuangan mereka menggapai mimpi dan membantu siswa-siswi SMA dalam merencanakan impian mereka. Bukan sekadar bercerita di depan kelas, para alumni LPDP mendorong adik-adik SMA agar membuat “Seribu Peta Mimpi” yang berisikan rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang mereka.

“Harapannya, kelak peta itu menjadi pengingat mereka untuk bertekad kuat mewujudkan mimpi meneruskan sampai pendidikan tinggi,” kata Surya.

Lebih jauh Ia menguraikan bahwa Kegiatan Massive Action melibatkan Mata Garuda sebagai wadah alumni penerima beasiswa LPDP agar bersinergi mengabdi kepada Indonesia. Kerjasama yang solid antara Mata Garuda Pusat dan Mata Garuda Daerah menjadi wujud solidaritas dalam mensukseskan Massive Action 2018 ini.

Selain Massive Action, ada pula kegiatan pengabdian masyarakat dari para alumni LPDP berupaTargeted Action. Targeted Action ialah proyek jangka panjang yang dirancang dan diselesaikan oleh alumni dalam kurun waktu satu tahun.

“Targeted Action ini tujuannya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan masyarakat dari berbagai pelosok di Indonesia,” tutur dia.

Massive Action dan Targeted Action adalah salah satu rangkaian dari puncak agenda rutin tahunan bertajuk Welcoming Alumni 2018. Pesta bertabur tokoh nasional ini akan menjadi penyambutan para alumni yang baru saja kembali ke tanah air dan daerah asalnya masing-masing, sekaligus momentum berakhirnya masa studi.

Sementara itu, Ketua Panitia acara di Bondowoso Suheri yang juga merupakan Mahasiswa S3 Universitas Negeri Malang, mengatakan, Massive Action ini merupakan sebuah kegiatan menginspirasi seribu siswa-siswi SMA untuk berani bermimpi setinggi-tingginya, menanamkan mimpi sejak dini, dan membuat strategi untuk menggapai mimpi-mimpi tersebut.

Kegiatan ini berlatar belakang keinginan kami untuk berbagi dan bersama-sama menjadi bagian dalam pembangunan Indonesia dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dipersiapkan sedini mungkin.

Adapun dalam acara ini, turut hadir sejumlah inspirator yakni Dodik Harnadi, Mahasiswa Doktor Ilmu Sosial Unair, Surabaya, Wendy Tri Wibowoalumni Auburn University Amerika Serikat.

Untuk informasi bahwa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ialah Badan Layanan Umum (BLU) yang diberikan mandat untuk mengelola dana abadi pendidikan dan menyeleksi serta memfasilitasi putra-putri terbaik bangsa. LPDP memberikan beasiswa prestisius itu untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Magister (S2) dan Doktoral (S3). Melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) LPDP, negara dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Tujuannya agar seluruh Alumni BPI LPDP dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa ini.

Sebanyak lebih dari 5.538 alumni dengan total awardee 18.466 orang telah menerima beasiswa dari LPDP, baik yang telah menyelesaikan studi baik di dalam maupun di luar negeri. Para alumni LPDP ini diharapkan dapat mengambil peran strategis dan terjun langsung dalam pembangunan di seluruh penjuru tanah air.(och)