BONDOWOSO – Sebanyak 600 pasukan gabungan siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak 29 November 2017. Pasukan ini terdiri dari 500 Kepolisian Resort Bondowoso dan seratusan dari Sat Brimob Polda Jatim. Termasuk turut serta yakni, Satpol PP, Dishub DLLAJ, serta pasukan linmas.

Kapolres Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, menjelaskan gelar pasukan ini untuk memeriksa kesiapan sarana dan prasarana termasuk pasukan. Sekaligus ini memberikan pesan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjaga kamtibnas pelaksanaan Pilkades serentak.

“Memberikan gambaran bahwa kita ingin tetap menjaga situasi ini tetap kamtibnas menjelang pesta demokrasi di desa, selama, sebelum dan setelahnya,” paparnya saatApel Gelar Pasukan, Operasi Mantap Pilkades Bondowoso 2017 dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak, di depan Pendapa, Senin (20/11),

Pengamanan sendiri akan dimulai 22 November 2017, saat pelaksanaan masa kampanye hingga 14 Desember 2017 pelantikan kades terpilih. Menurut, Kapolres Taufik, rencananya pada masa kampanye dan masa tenang, selama tujuh hari mulai Rabu (22/11) akan dilakukan patroli skala besar.

 

Baca Juga : Jelang Pilkada, Ini Pesan Sekda Bondowoso Untuk Satpol PP

“Stand by sih semua yang melaksanakan kegiatan Pilkades, ya semuaaa tadi kan disebutkan objek-objek itu kan disebutkan, baik orang maupun tempat,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan laporan yang dibacakan oleh Surata, anggota Bag Ops Polres Bondowoso, disebutkan bahwa di setiap desa akan ditempatkan
15 polri dan 10 linmas . Sedangkan, kawasan rawan konflik akan ditugaskan 35 polri dan 10 linmas.

“Dalam pengamanan tersebut akan diback up oleh TNI, Pemkab dan instansi terkait,” jelasnya.

Seperti diketahui pada 29 November 2017 mendatang Bondowoso akan menggelar Pilkades serentak di 20 desa dari 10 kecamatan.

Ada pun desa-desa tersebut di antaranya, Sumber Kalong, Jatisari, Banyuwuluh, Sumbersuko, Penambangan, Poncogati Locare, Tegal Mijin, Pekalongan, dan Kerang. Kemudian, juga ada Gayam, Gayam Lor, Penang, Tegal Pasir, Patemon, Ardisaeng, Sukowono Mangli, Cindogo dan Mrawan. (och)