Share

BONDOWOSO – Penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bondowoso sudah memasuki tahapan seleksi tertulis. Pelaksanaan tes tertulis ini diselenggarakan di Unej Kampus Bondowoso, Jum’at (27/10). Dari total 475 peserta, 40 orang di antaranya absen tanpa memberikan keterangan.

Junaidi, Komisioner KPU Divisi Hukum, menjelaskan, setelah ujian tertulis ini langsung dilakukan koreksi. Nantinya, akan diambil sebanyak sepuluh besar masing-masing kecamatan. Sebenarnya, setiap PPK di kecamatan itu terdiri dari lima orang, namun sekarang disediakan lima orang untuk menduduki daftar tunggu.

“Daftar tunggu ini untuk nanti kalau ada PPK yang meninggal dunia, mengundurkan diri, yang ketiga yakni ketika dilakukan pemecatan terkait dengan mereka menjadi anggota atau pengurus partai politik, jadi kalau ketemu,” jelasnya.

 

Baca Juga : Hari Terakhir Pendaftaran, KPU Bondowoso Cek Kelengkapan Berkas Parpol

 

Junaidi mejelaskan materi yang diujikan dalm tes tertulis terdiri atas 100  soal,  tentang UU Nomer 10 tahuan 2016  tentang Pemilukada, Pilgub. Kemudian juga ada materi UU Nomer 7 tahuan 2017 tentang Pemilu, kemudian terakhir yakni tentang kedaerahan.

“Persantesenya itu adalah 20 persen tentang ke daerahan dan 80 persennya tentang UU nomer 10 tahun 2016 dan UU Nomer 7 tahuan 2017,” paparnya pada Memo Indonesia.

Menurutnya, setelah tes tertulis ini, PPK yang lolos akan mengikuti tes wawancara sebagai penentuan ranking menjadi 1 – 10 orang di setiap kecamatan.

“Nantinya dari sepuluh orang yang lolos di setiap kecamatan itu akan mengikuti tes wawancara, untuk menentukan ranking,” jelasnya.

Ada pun pengumuman hasil tes tertulis yakni pada 30 Ontober 2017. Sementara tes wawancara pada 2-4 November 2017. (och)