BONDOWOSO – Gugus tugas penanganan Covid-19 di Bondowoso menggelar sampling rapid test di cafe dan warung kopi, Senin malam (19/5/2020). Kegiatan tersebut merapid sekitar 57 orang.

M.Imron, Kepala Dinas Kesehatan di Pendopo Bupati, Selasa (19/5/2020), menerangkan, bahwa hasil rapid puluhan pengunjung itu, diketahui satu orang dinyatakan reaktif.

“Selanjutnya pada yang warga reaktif kita lakukan tracing pada keluarganya, yang bersangkutan akan dilakukan swab, kemudian juga kita lakukan isolasi,”

Ia mengaku, bahwa pihaknya akan terus melakukan sampling rapid test masal. Yakni menyasar, kluster pertokoan, pusat perbelanjaan, serta pabrik-pabrik.

Ini dilakukan sebagai upaya mendeteksi penyebaran virus Covid-19.

 

Baca Juga : Dua Pasien Positif Covid-19 di Bondowoso Sembuh, Salah Satunya Balita

 

Perihal jumlah alat rapid test yang dimiliki yakni sekitar 1.500 alat. Pihaknya juga masih terus melakukan pengadaan dengan anggaran yang ada.

“Mudah-mudahan hari ini datang lagi. Sekarang kami masih ada 1.500 rapid. Kalau untuk dua atau tiga lokasi sebelum lebaran mungkin kita masih bisa,”pungkasnya.

Sebelumnya, sampling rapid tes masal juga dilakukan di sejumlah pusat keramaian. Tepatnya, yakni di Pasar Induk Bondowoso, Pasar Wonosari, Pasar Nangkaan, dan Pasar Maesan.

Dalam kegiatan yang dilksanakan Senin pagi (18/5/2020) itu, ada 320 orang yang telah dirapid test. Dari ratusan orang tersebut, tiga orang (0,9%) dinyatakan reaktif Covid-19.(och)