Share

BONDOWOSO – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bondowoso yang baru saja dilantik telah menyatakan sikap untuk menjadi mitra kritis terhadap jalannya pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan oleh Ketua PWI Bondowoso, Haryono usai acara pelantikan di Pendapa Bupati, Jumat (23/2).

“Perlu kami pertegas bahwa PWI Bondowoso merupakan mitra kritis pemerintah. Kami akan menjadi kontrol bagi jalannya pembangunan Kabupaten Bondowoso,” ungkapnya

Karena itu, PWI Bondowoso akan berupaya untuk meningkatkan kapabilitas profesionalisme anggota melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar dapat menyajikan berita yang proporsional.

“Kita akan beruapaya untuk memberikan berita yang baik melalui peningkatan kualitas dengan mengikutkan anggota uji kompetensi,” tambahnya.

Baca JugaDua Pengganti Pimpinan DPRD Bondowoso Diumumkan

Pernyataan sikap tersebut memperoleh dukungan dari Bupati Bondowoso, Amin Said Husni. Bupati Amin mengatakan, bahwa pemerintah memang perlu mitra untuk menyampaikan hasil pembangunan kepada masyarakat.

“Saya sepakat dengan PWI, bahwa kita  menjadi mitra dalam rangka mengedukasi masyarakat. Pemerintah perlu peran media untuk menyampaikan informasi hasil pembangunan,” kata Amin.

Bupati Amin mengapresiasi itikad PWI dalam upaya menciptakan wartawan profesional. Menurut Bupati Amin, profesionalisme sangat penting guna menopang pola pikir kritis yang objektif.

“Dengan profesionalisme, wartawan dapat menjadi mitra kritis yang objektif,” pungkas Bupati. (abr)