BONDOWOSO – Jelang lebaran aktivitas masyarakat menuju ke beberapa pusat keramaian utamanya seputaran kota Bondowoso dan Pasar Induk semakin padat.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi keramaian di tengah pandemi Covid-19 ini, Satlantas Polres Bondowoso memberlakukan sistem buka-tutup arus di Alun-Alun RBA Ki Ronggo, pasar induk dan pertokoan di seputaran kota.

Sistem tersebut mulai diterapkan sejak Selasa (12/5/2020), yang setiap harinya akan dimulai pukul 16:00 WIB.

Kasatlantas Polres Bondowoso, AKP Haryanto menjelaskan, bahwa buka tutup arus dilakukan di titik-titik simpul yang mengarah pertokoan atau tempat perbelanjaan di perkotaan. Termasuk juga, di beberapa jalan tikus atau gang-gang kecil mengarah ke pusat keramaian itu.

“15 menit arus kita buka. Selanjutnya 15 menit lagi arus kita tutup. Situasional melihat situasi dan kondisi keramaian di dalam kota,” katanya.

 

Baca Juga : Stabilkan Harga Jelang Lebaran, Diskoperindag Bondowoso Gelar Operasi Pasar

 

Adapun penyekatan pada sore hari, untuk mengurangi kepadatan dan pergerakan aktivitas ngabuburit dan belanja di pertokoan.

“Kami juga melakukan himbauan supaya tidak terlalu padat di dalam toko. Serta diimbau masyarakat tetap pakai masker, jaga jarak dan mengikuti imbauan pemerintah,” paparnya.

Tak hanya melakukan buka tutup arus. Petugas juga membubarkan kerumunan jelang buka puasa (ngabuburit). Serta memberikan imbauan kepada pengelola pertokoan.

Selain itu, Polres Bondowoso, Kodim 0822, Pol PP, dan Dishub juga melakukan patroli skala besar untuk menghimbau masyarakat agar tidak berkumpul di luar rumah. (Och)