PROBOLINGGO – Kerusakan ruas Jalan Brantas, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo yang dikeluhkan warga/masyarakat dan pengguna jalan yang melintas, serta sempat menjadi sorotan legislator Kota Probolinggo beberapa waktu yang lalu.

Namun sejak kemarin malam, kerusakan jalan tersebut sudah diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Probolinggo.

Dari sorotan media, perbaikan itu dimulai jam 22.00 WIB hingga selesai sekitar jam 03.30 WIB dinihari, dengan menggunakan alat berat menyewa dari PT. Tripalindo.

Terkait dengan perbaikan jalan Brantas di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo tersebut, Amin Fredi selaku Kepala PUTR Pemkot Probolinggo dikonfirmasi mengatakan, bahwa perbaikan jalan Brantas dilakukan dengan tambal sulam, menghabiskan 133, 82 ton hotmix.

“Bobot itu sama dengan 7 dam truk hot mix, dan pekerjaan tersebut dilakukan pola tambal sulam, saja sebab jalan yang rusak sekitar 1500 m persegi,” ungkap Amin kepada media, Kamis (28/9) pagi tadi.

Amin juga mengatakan jika perbaikan dikerjakan secara swakelola oleh Dinas PUPR Bidang Binamarga, dengan menyedot anggaran sebeasr Rp.260 juta, dari anggaran pemeliharaan Binamarga tahun 2017

Menurut Amin, perbaikan dikerjakan malam hari, hanya semata untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Disamping itu pada malam hari aktivitas masyarakat juga berkurang.

“Pasalnya jalan Brantas ini di siang hari cukup ramai aktivitas masyarakat dan padat lalu lintas,” katanya.

Perlu diketahui, hotmixsasi jalan Brantas di Kelurahan Pilang, Kota Probolinggo ini merupakan proyek hotmixsasi jalan akhir tahun 2016 lalu.

Sekitar bulan Juni 2017 lalu sudah diserahkan kepada Pemerintah setempat, serta sudah habis tanggung jawab rekanan dalam masa pemeliharaan. (ufa)