Share

BONDOWOSO– Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Bondowoso menggelar kegiatan ngaji kebangsaan lintas desa di Aula Balai Desa Pejaten, Kecamatan Bondowoso, Jumat (18/6/2021).

Saiful Khoir, Ketua Umum PC PMII Bondowoso, menerangkan, bahwa kegiatan tersebut berorientasi untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat desa tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan memupuk rasa nasionalisme.

Selain itu, juga memberikan penyadaran tentang pentingnya toleransi di tengah keberagaman agama, ras, suku, budaya dan bahasa yang ada di indonesia.

“Ngaji kebangsaan ini adalah bentuk ikhtiar kita untuk mengedukasi masyarakat agar senantiasa mencintai bangsa dan negaranya.” Ucapnya.

Karena, lanjut khoir, PMII mempunyai tugas besar secara kolektif untuk menyiapkan kader yang berwawasan pancasila. Dan secara personal sebagai kader PMII bertugas untuk mensyiarkan paham kebangsaan dalam kerangka Ahlussunnah Wal Jamaah.

Sementara, Daris Wibisono Setiawan, Kepala Sekolah SMK NU Tenggarang juga menyampaikan bahwa saat ini adalah panggung para pemuda intelektual untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai pemahaman kebangsaan.

“Ada pepatah yang berbunyi, mereka yang saat ini berusia muda, kelak pada waktunya akan menjadi dewasa dan memimpin bangsa.” tuturnya.

“Pepatah ini, menunjukkan bahwa, jika hari ini wawasan kebangsaan generasi muda sudah kuat maka ke depan saat mereka dewasa dan menjadi pemimpin, mereka akan lebih menghargai bangsanya,” lanjutnya.

Oleh karenanya, kata Daris, wawasan kebangsaan ini menjadi penting untuk ditanamkan kepada generasi muda khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Saiful Khoir, Ketua Umum PC PMII Bondowoso, Daris Wibisono Setiawan Alumni PMII Rayon Fakultasi Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember, anggota mapun kader PMII Bondowoso dan masyarakat Desa Pejaten Bondowoso.(och)