BONDOWOSO – Direskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengunjungi kampung tangguh di Desa Cindogo, Tapen, Senin (1/6/2020). Kampung tangguh tersebut terbilang istimewa sebab berbeda dengan kampung tangguh pada umumnya. Selain menerapkan protokol Covid-19 dan tempat isolasi, kampung tangguh yang berada di Dusun Campoan tersebut menyediakan kebutuhan pangan berupa lahan pertanian organik dan budidaya ikan.

Dalam kunjungan tersebut, Arif Setyawan mengatakan, adanya rumah pembibitan pangan dan budidaya lele Kampung Tangguh Semeru tersebut menunjukkan respon yang cukup positif dari masyarakat. Karena hal tersebut merupakan kreasi dan inovasi dari warga dalam mendukung adanya program Kampung Tangguh Semeru.

“Selanjutnya penting untuk terus menjaga sinergitas seluruh pilar dan juga masyarakat dalam memerangi Covid-19 di kampung ini,” ujarnya.

 

Baca Juga : Kentongan Digital Jaga Stabilitas Keamanan di Desa Mengen

 

Sementara Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz menjelaskan, secara umum kampung tangguh dusun Campoan ini sama dengan yang lain. Yakni, terdapat kawasan physical distancing, wajib mengenakan masker, dan cuci tangan, setiap orang yang masuk harus mengikuti protokol kesehatan dengan melintasi portal yang dijaga oleh warga. Kemudian juga sudah ada ruang isolasi khusus bagi warga dari luar.

“Ini patut diapresiasi. Bukan hanya mencegah penularan covid-19, melainkan juga kesiapan lahan pangannya yang menerapkan model pertanian organik,” jelasnya.

Setiap warga di dusun tersebut bisa mengambil sayur, buah-buahan gratis selama masa pandemi ini. Ia pun mengaku sangat apresiatif munculnya beberapa kampung tangguh baru yang jelas memiliki keunikan yang beragam. Namun, terpenting meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi anjuran menjadi hal yang tak kalah penting. Karena kesadaran masyarakat menjadi hal utama dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah Kecamatan Tapen.

“Kalau hanya pemerintah desanya yang semangat, tapi masyarakatnya ogah-ogahan ya sangat disayangkan. Makanya ini warga ayo bersama-sama meningkatkan kesadaran diri mengikuti anjuran pemerintah,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Tim Pamatwil Polda Jatim memberikan beberapa bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Dir Reskrimsus Polda Jatim kepada Ketua Kampung Tangguh Semeru. Diantaranya, yakni, masker berlogo Polda Jatim, pamflet imbauan terkait Protokol Kesehatan Covid-19, serta uang tunai untuk pembinaan dalam mendukung adanya Kampung Tangguh Semeru. (abr)