Share

PROBOLINGGO – Puluhan ekor kambing mati secara misterius, Sabtu (26/8) kemarin. Hal ini disampaikan Hasan (47), warga Desa Sumberkerang Kecamatan Gending, yang dibuat geger lantaran puluhan domba atau kambing, miliknya mendadak mati tersebut.

Menurut Hasan ada sekitar 32 ekor kambing miliknya, mulai dari jantan, indukan hingga anakan semuanya diketahui mati, sejak pukul 05.00 waktu itu.

“Saya punya 40 ekor domba yang mayoritas digembalakan diluar kandang, tiba-tiba tergeletak mati bersamaan. Yang 32 ekor mati, hanya domba yang diatas kandang yang selamat,” ungkap Hasan kepada wartawan, Senin (28/8) dirumahnya.

Hingga kini, Hasan tidak mengetahui pasti penyebab kematian kambing-kambingnya. Namun dilihat dari kondisi kambing, ada bekas luka pada bagian mata dan ekor, seperti bekas sedotan.

 

Baca Juga : Satreskoba Polrestabes Ringkus 3 Bandar Sabu, Satu Tewas Ditembak

 

“Kalo dilihat dari lukanya, kami duga karena digigit binatang liar sejenis anjing hutan,” terang Hasan.

Sementara dari pendataan Pemerintah Kecamatan Gending, di Desa Sumberkerang terdapat tiga dusun yang melaporkan kematian domba secara mendadak.

Selain itu, juga terdapat laporan dari warga Desa Banyuanyar Kulon dengan jumlah domba mati sebanyak 56 ekor.

“Data yang kita kantongi ada 56 domba yang mati, dari dua desa. Untuk sementara belum diketahui penyebab pastinya, bangkai domba ini nantinya akan kita bakar lalu dikubur untuk mencegah virus atau penyebaran penyakit berbahaya,” ujar Camat Gending, Mohamad Ridwan. (ufa)