Share

BONDOWOSO -Sebanyak 74 desa di Kabupaten Bondowoso belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama. Desa-desa tersebut tersebar di 23 kecamatan, yang pencairannya belum 100 persen hingga Selasa (26/5/2020).

PIC BLT DD Kabupaten Bondowoso, Abdul Gafur Bakri, menjelaskan, penyebab belum cairnya beragam. Mulai dari ada beberapa desa yang belum melaksanakan Musdes khusus, validasi data calon penerima pemanfaat sangat dinamis dari Kemensos.

“Jadi ntuk menghindari double accounting, ada yang merombak total daftar calon penerima manfaat BLT-DDnya. Serta ada pula yang merombak sebagian,”urainya.

Ia menerangkan, masalah yang hampir menyeluruh adalah realisasi DD Tahap I sudah salur sejak semester pertama tahun anggaran 2020.

“Sehingga di kebanyakan desa sudah terealisasi semuanya, praktis desa-desa tersebut masih menunggu pencairan DD Tahap II dari Rekening Kas Umum Negara melalui KPPN untuk salurkan BLT DD tahap pertama,” jelasnya.

 

Baca Juga : Kapolres Erick Tinjau Kelurahan Nangkaan Sebagai Kampung Tangguh Pertama di Bondowoso

 

Menurutnya, dengan relaksasi kebijakan pemerintah pusat melalui PMK nomor 50/PMK.07/2020 perubahan kedua atas PMK 205/PMK.07/2020 terdapat klausul penghapusan persyaratan penyaluran DD Tahap II.

Dijelaskannya juga, pada Tanggal 20 Mei, baru tersalurkan ke Rekening Kas Desa dari RKUN melalui KPPN. Waktu penyurannya variatif, ada yang pagi, siang, dan sore. Dapat dimaklumi karena pencairannya mungkin serentak di seluruh desa se indonesia.

“Terdapat puluhan desa yang pendamping desa dan kecamatannya konfirmasi kepada kami, tidak bisa mencairkan dana yang sudah tersalurkan ke RKD karna memang ada batasan jam pelayanan di perbankan,” paparnya.

Untuk informasi, total desa di kabupaten Bondowoso ada 209 desa. Dari jumlah itu, disebut ada 135 desa di Kabupaten Bondowoso yang sudah mencairkan BLT Dana Desa sebelum lebaran. Bahkan sudah ada 10 kecamatan yang desanya sudah mencairkan 100 persen. Diantaranya Tamanan, Sukosari, Pujer, Curahdami, Tapen, Wringin, Klabang, Pakem, Sumberwringin, dan Taman Krocok.

Sementara hingga kemarin, Selasa (16/4/2020) ada lima kecamatan yang semua desanya belum menyalurkan BLT DD. Yakni Kecamatan Grujugan 11 Desa, Tegalampel 7 desa, Cermee 15 desa, Binakal 8 desa dan Jambesari DS 9 desa.(och)