Share

 

BONDOWOSO – Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Kwatir Cabang Kabupaten Bondowoso, Amin Said Husni, memukul gong tanda dibukanya Festival Kampung Kelir Pramuka 2018 di Alun-alun Ki Bagus Asra, Jumat (6/7) malam. Kwarcab gerakan pramuka Bondowoso menjadi tuan rumah Festival Kampung Kelir 2018 yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka zona V Jawa Timur yang terdiri dari Kwarcab Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Amin Said Husni menginginkan agar kegiatan tersebut dijadikan sebagai ajang gerakan pramuka untuk unjuk gigi, memantapkan jati diri pramuka sebagai bagian penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

“Bahwa sebaiknya kegiatan ini betul-betul dijadikan momentum revitalisasi meningkatkan dukungan kepada gerakan pramuka, sehingga pramuka betul-betul menjadi generasi yang membanggakan bagi masyarakat,” harap Amin yang juga menjabat sebagai Bupati Bondowoso itu.

“Jika melihat amanat kode kehormatan gerakan pramuka dalam Tri Satya, bahwa menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Ini menegaskan, bahwa sestival wirakarya kamping kelir Pramuka 2018 merupakan bentuk kegitan strategis dan visioner, guna memastikan gerakan pramuka yang sejatinya milik masyarakat bangsa dan negara,” tambah Bupati Amin.

Amin Said Husni juga berharap, agar pramuka dapat menjadi benteng remaja dalam menangkal dampak negatif dari perkembangan teknologi yang semakin cepat. Pramuka diharapkan bertanggung jawab dalam memberikan solusi masalah yang dihadipi kaum muda, salah satunya menangkal berita hoax dan aktivitas lain yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat.

Untuk diketahui, bahwa jumlah peserta Festival Kampung Kelir Pramuka 2018 berjumlah 1.000 personel pramuka penagak. Terdiri dari 360 personil Kwarcab Bondowoso, dan masing-masing 320 personil dari Kwarcab Situbondo dan Banyuwangi.

Mereka akan melakukan serangkaian kegiatan bakti sosial. Diantaranya, pengecatan 100 genteng dan rumah warga di Kelurahan Blindungan dan Kota Kulon, serta beberapa fasilitas umum. Penyuluhan PABS, pemeriksaan dan pemberian obat dan makanan, kemudian akan dipungkasi dengan festival kecerdasan pramuka. (abr)