BONDOWOSO – Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Bondowoso akan mengecat seratusan rumah di Kelurahan Kotakulon dan Blindungan. Rumah-rumah ini nantinya akan disulap menjadi objek wisata baru berupa Kampung Kelir. Adapun rumah warga yang mendapatkan bantuan kampung kelir yaitu rumah yang dekat dengan keramaian dan sebelumnya telah melalui survey.

Menurut Jarimin, Pelaksana Harian Kwarcab Bondowoso, rencananya nanti akan melibatkan 1000 peserta pramuka dari tiga daerah yakni, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, untuk mengecat rumah warga tersebut. Bahkan, nantinya mereka dari masing-masing daerah akan mendaptkan sejumlah rumah yang dicat berdasrkan kreasi mereka, yang kemudian akan dilombakan.

Adapun pengecetannya sendiri akan dimulai pada Jum’at (6/7) dan saat ini tengah memulai persiapan dengan dibukanya kesekertariatan di sekitaran Wisata Kuliner Jembatan Ki Ronggo.

Bagi petugas yang melakukan pengecatan genteng rumah warga didatangkan dari tenaga ahli. Sebab, dikhawatirkan jika tenaga dari gerakan Pramuka akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ia menerangkan bahwa tujuan dari kegiatan ini tak lain adalah bakti sosial yang sekaligus memberikan motivasi pada seluruh yang terlibat khususnya, untuk lebih perduli lingkungan, serta meningkatkan keperdulian dan persahabatan dengan semua.

Rencananya, Kemah Kampung Kelir ini akan dibuka dengan Festival Kemah Kampung Kelir yang akan dilaksanakan di depan Mako Kodim 0822 Bondowoso, pada Jum’at malam(6/7). (och)