BONDOWOSO – Sejumlah wisatawan terlihat asyik bercengkrama dengan kera ekor panjang di pemandangan alam arak – arak Bondowoso, Selasa (11/7).

Pemandangan Arak-arak merupakan salah satu objek wisata Bondowoso yang jadi favorit para wisatawan. Karena letaknya tak jauh dari jalan pantura yang merupakan akses utama masuk Bondowoso dari jalur barat.

Indahnya pemandangan alam dan banyaknya populasi kera ekor panjang di pemandangan alam Arak-arak membuat wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu. Rata-rata wisatawan yang berkunjung didominasi dari luar Bondowoso. Hal ini terlihat banyak kendaraan bernomor polisi luar kota memasuki kawasan wisata ini.

Wisatawan asal Besuki, Muhamad Firdaus (28) menuturkan alasan mampir di pemandanagan alam arak-arak. Menurutnya, hal yang menamjubkan dapat melihat kera dan melihat indahnya luasnya laut dari atas.

“Saat ini tempat wisata Arak-arak lebih rapi dan bersih. Indah sekali melihat laut dari atas dan melihat komplotan kera di sini,” ungkapnya.

Firdaus mengatakan keindahan alam arak-arak memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu terdapat kera yang tidak terdapat di tempat wisata lainnya.

 

Baca Juga : Kampung Kopi Bikin Staf Kemendes Betah

 

“Di Besuki tidak pernah nemuin pemandangan seperti di sini. Dan orang – orang di kampung saya setiap hari hanya dapat melihat pesisir laut, ” tuturnya.

Firdaus bersyukur karena Pemerintah Daerah saat telah memperbaiki beberapa fasilitas yang rusak di tempat wisata tersebut. “Perbaikan fasilitas umum saat ini dibutuhkan. Saya lihat sudah ada perbaikan dan penambahan fasilitas,” ujarnya.

Dia juga berharap kapada Pemerintah Daerah untuk menata para pedagang yang terkesan sembraut. Masukan tersebut sangat penting. Mengingat letaknya yang strategis sehingga menjadi rekomendasi wisata faforit bagi masyarakat luar dan lokal Bondowoso yang gemar melihat lautan dari jauh.

“Cuma pedagang itu masih tidak tertata rapi. Sayang sekali kalau dibiarkan padahal wisata di sini menjadi faforit karena aksesnya mudah dikangkau,” pungkasnya. (abr)