JEMBER – HUT Bhayangkara ke 71 Polres Jember bersama Forkompinda melaksanakan upacara di Alun-alun Kabupaten Jember, Senin (10/7) kemarin. Bupati Jember dr. Faida MMR bertindak sebagai inspektur upacara.

Kapolres Jember, Kusworo Wibowo mengatakan secara serempak di seluruh Indonesia telah dilaksanakan upacara HUT Bhayangkara ke 71. Pihaknya membacakan amanat dari Presiden Jokowi dengan inspektur upacara Bupati Jember. Sedangkan rangkaian berikutnya adalah melaksanakan tasyakuran dimana pihaknya membacakan amanat tasyakuran dari Kapolri.

“Di acara ini kita nantinya akan melakukan pemotongan tumpeng, pemberian penghargaan bagi anggota yang berprestasi. Demi ttegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, mandiri dan berkeadilan,” ucapnya.

Kusworo menambahkan, dalam penanganan Teroris ini, Polres Jember melakukan simulasi bagaimana meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan dalam mengantisipasi ancaman teroris.

“Alhamdulilah tampilan simulasi tadi di tonton oleh seluruh Forkopinda, seluruh muspika serta warga masyarakat dan mendapatkan apresiasi yang positif dari masyaraka,” imbuhnya.

 

Baca Juga : Kampung Kopi Bikin Staf Kemendes Betah

 

Lanjut Kusworo, berkaitan dengan gambaran dalam pelaksanaan simulasi ini, pihaknya adakan beberapa pertunjukan. Suatu misal dengan adanya rencana teroris yang akan melakukan penusukan terhadap anggota Polri, kemudian Polres Jember dengan berbekal beladiri yang ada melakukan perkelahian tanding, kemudian terorisnya kabur kemudian dilakukan pengejaran dan penyergapan.

 

“Lalu, kita bisa melumpuhkan teroris dan mengamankan sandera,” ceritanya.

Dalam acara beberapa simulasi ini, kami terus berupaya menangani ancaman dari terorisme, dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan.

“Sehingga kesiapsigaan akan terus terwujud sebelum ancaman tersebut terjadi,” pungkasnya. (mam)