Share

BONDOWOSO – Kepolisian Resort Bondowoso mengamankan sekelompok remaja yang sedang asyik menggelar balap liar di Jalan Raya Situbondo, Minggu, (26/4/2020) dini hari. Akibatnya, warga sekitar merasa resah. Sebab selain karena suara bising knalpot, masyarakat juga khawatir karena perbuatan tersebut memicu adanya gerombolan orang di saat pandemi virus Corona.

Saat polisi datang, para pelaku balap liar kelabakan melarikan diri. Namun tak semua berhasil kabur, 25 warga Bondowoso dan sekitar 30 warga Situbondo berhasil diamankan berikut bersama 37 unit sepeda motor.

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Fendriz mengungkapkan, razia balap liar tersebut merupakan bagian dari penerapan physical distancing dan social distancing agar masyarakat tidak berkerumun di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Sebelum akhirnya dipulangkan ke rumah masing-masing, polisi melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan memberikan pembinaan agar para remaja tersebut tak kembali melakukan balap liar.

 

Baca Juga : Peduli Warga Terdampak Covid-19, KAHMI Prenuer Bagi Sembako dan Beasiswa

 

“Jadi semalam kita beri arahan pembinaan agar tak mengulangi balap liar lagi. Setelah itu, kami cek suhu tubuh, baru dipulangkan. Ini kan juga pandemi Covid-19, jadi makanya kita tetap cek suhu tubuh, ” kata AKBP Erick.

Ia juga menerangkan, aksi balap liar tersebut merupakan perilaku kambuhan sekelompok anak-anak dan remaja. Mereka biasanya datang ke lokasi Jalan Raya Situbondo. Saat melihat sebagian teman-temannya melakukan balapan liar, mereka terpancing untuk menonton hingga juga ikut balap liar.

“Mungkin karena ini di perbatasan. Jadi yang hadir dari dua kabupaten juga,” terangnya.

Ia pun meminta agar para orang tua mengontrol anak-anak yang sedang keluar rumah, apalagi di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini.

“Kami imbau kepada anak-anak muda ini agar kesadarannya tidak usah menggelar balap liar, karena hal ini sangat membahayakan bagi diri sendiri dan pengendara jalan yang melintas karena dilakukan di jalan ramai kendaraan,” pungkasnya. (abr)