SURABAYA – Polda Jawa Timur siap bekerja keras amankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak tahun 2018. Sehingga Pilkada serentak ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Hal ini disampaikan Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin usai rapat koordinasi (Rakor) dengan KetuaKomisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Eko Sasmito dan Bawaslu Jatimdi Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Senin (21/8).

Pilkada 2018 di Jatim, dikatakannya akan ada 18 pemilihan bupati dan walikota serta satu pemilihan Gubernur. Dengan banyaknya pilkada di Jatim, Polda Jatim berkomitmen mengerahkan seluruh jajarannya untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Kita dari Polda Jatim dan seluruh jajaran Polres dan Polresta siap mengamankan Pilkada serentak 2018. Saya sudah perintahkan seluruh Kapolres untuk terus berkoordinasi dan memantau perkembangan situasi agar tetap aman sehingga pelaksanannya bisa berjalan sukses dan lancar,” katanya.

 

Baca Juga : Polda Jatim Gelat Lomba Peringati HUT RI ke-72

 

Mengenai pengamanan, ditambahkannya akan memperbantukan anggota di wilayah Polres dan Polresta yang tidak menggelar Pilkada untuk bisa ikut mengamankan di wilayah terdekat yang menggelar Pilkada. Selain itu, pengamanan dari Polda Jatim juga akan disebar di seluruh wilayah Jatim guna memastikan proses Pilkada berjalan lancar.

“Polda Jatim bersama KPU dan Bawaslu Jatim,berkomitmenuntuk penyamaan persepsi guna menyiapkan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Jawa Timur,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, pelaksanaan Pilkada serentak 2018 akan digelar mulai 27 Juni 2018. Dalam rakor di Mapolda Jatim yang digelar hingga empat hari ke depan dihadiri oleh 233 peserta. Para peserta berasal dari para Pejabat Utama Polda Jatim, Kasubdit, Kanit dan seluruh anggota Direktorat Intelkam Polda Jatim, para Kabag Ops dan KasatIntel Polrestabes/Polresta/Polres jajaran Polda Jatim. (sga)