SURABAYA – Polda Jawa Timur telah selesai menggelar tes kesehatan bagi calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim. Tes diikuti 164 peserta dibagi dua tahap.Tahap pertama Hari Kamis (10/8) sebanyak 82 peserta dan tahap kedua hari Jumat (11/8) sebanyak 82 peserta.

Kabid Dokkes Polda Jawa Timur Kombes Pol Dr Budi Hariyadi mengatakan, kegiatan yang dilakukan di gedung Mahameru Polda Jawa Timur adalah pemeriksan tes kesehatan sebagai tahap awal.

“Nantinya akan ada tes tahap kedua yang akan dilakukan pada 16 Agustus mendatang,” katanya.

Para peserta, dijelaskannya, akan menjalani serangkaian tes kesehatan yng meliputi cek tensi dan nadi,cek fisik dan tes tulis untuk tes kejiwaan. Termasuk didalam psikotes, peserta setidaknya harus menjawab 566 soal.

“Kami memfasilitasi tes kesehatan calon anggota Bawaslu Jatim dengan standar yang sudah kami tetapkan.Cek fisik sudah dilakukan sejak pagi dan siang ini tes kejiwaan oleh psikiater,” jelasnya.

Ia menegaskan, tes dilakukan secara selektif sesuai standar Polri.

 

Baca Juga : Tekan Pengangguran, Pemkab Bondowoso Kirim 27 Pemuda ke Bekasi

 

“Tes nya sama seperti tes calon anggota polisi. Cek kesehatan ini penting untuk mengetahui kondisi calon anggota Bawaslu karena kerjanya cukup berat,sehingga dipilih yang sehat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan Bawaslu RI, Pakerti Luhur mengatakan, dari 164 calon yang ikut tes hanya akan diambil lima orang.

“Kami hanya mengambil lima orang.Tiga jadi komisioner dan dua masuk jadi cadangan,” katanya.

Dari 164 peserta, terdapat dua nama yang menjadi calon petahana, yakni Andrea Pardede dan Sri Sugeng Pujiatmjko.

“Pak Andreas dan Pak Sugeng ikut tes lagi. Untuk Pak Surya tolong (Ketua Bawaslu Jatim) tidak ikut lagi,” ujarnya.

Dalam tes calon komisioner Bawaslu ini,Ditambahkannya tidak ada peserta titipan dari pihak manapun dan harus mengikuti sesuai prosedur seleksi yang sudah ditentukan.

“Tidak ada peserta titipan semua kami berlakukan sama dan kami berterimakasih pada Polda Jatim yang sudah memfasilitasi tes kesehatan ini,” pungkasnya. (sga)