Share

BONDOWOSO – Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat mengusulkan listrik gratis untuk kawasan Bondowoso.

Usulan ini disampaikan pada PT. Medco Cahya Geothermal, atas pembangunan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso yang disebut akan menghasilkan 110 MW (Megawatt).

Tidak tanggung-tanggung, usulan Wabup soal listrik gratis ini diharapkan bisa dilakukan se-Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga : 5 Nama Pimpinan Baznas Bondowoso Telah Keluar, Selanjutnya Menunggu SK Bupati

” Ya namanya mengusulkan. Ya minimal se-Kabupaten Bondowoso, kari ngitung (tinggal menghitung), ” katanya di sela-sela Focus Group Discussion (FGD) Kemanfaatan Pengembangan PLTP Blawan-Ijen, di Hotel Ijen View Bondowoso, Kamis (1/12/2022) kemarin.

Ia menerangkan atas pembangunan itu, baik pemerintah daerah dengan perusahaan berkomitmen menjalin kerjasama dan komunikasi intensif yang diharapkan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

” Masak Bondowoso gelap-gelapan. Nggak mungkin lah. Dan minimal kita ya harus gratis selain CSR, meningkatkan PAD dan sebagainya, ” lanjutnya.

Bahkan pihak Medco sendiri telah memberikan rumus atau perhitungan koefisien pembagian dana hasil yang sangat terbuka. Termasuk pembangunan smelter yang akan dibangun di Kabupaten Bondowoso. Sehingga secara ekonomi akan berdampak bagi masyarakat terutama di kawasan Ijen.

” (Usulan listrik gratis, red) jadi salah satu klausul yang akan diajukan kepada Medco dan PLN. Roadmapnya sampai 2024 sudah dieksploitasi, ” pungkasnya.(Och)