JEMBER – Pendamping Lokal Desa (PLD) Jember dalam waktu dekat akan segera berkirim surat ke Bupati Jember, dr Faida terkait permintaan tambahan uang tunjangan operasional yang dianggapnya belum layak. Keinginan PLD ini terungkap melalui kesapakatan bersama dalam rapat koordinasi bersama yang bertempat di taman Botani komplek YPSM Sukorambi, kemarin.

“Kami masih menghitung kebutuhan yang dibutuhkan selama melakukan pendampingan di desa. Sehingga permohonan tambahan tunjangan operasional masuk akal dan rasional nantinya,” ujar Sasli Rois, Koordinator PLD Jember kemarin.

Dia menegaskan, rapat koordinasi pertama ini hanya membahas kebutuhan pendampingan yang nantinya akan dijadikan draf dalam pengajuan ke bupati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jember. Nantinya, draft ini akan diberikan langsung ke Kabid Pengelolaan Keuangan Desa, Adi Wijaya untuk kemudian diantar langsung ke Bupati.

“Draft permohonan tambahan operasional ini akan dibawa oleh Pak Adi wijaya agar diantar langsung kepada bupati bersama perwakilan PLD,” tambahnya.

Baca Juga : Ulama Jawa Timur Kompak Doakan GUSTI Jadi Gubernur Jatim

Sasli Rois lebih lanjut mengatakan, uang operasional PLD saat ini hanya sebesar Rp 371 ribu yang dirasakannya tidak cukup. Padahal, kegiatan PLD full di desa dan dituntut untuk mengcover seluruh kegiatan di lingkup pemerintahan desa  selain dari Dana Desa. Sehingga berdasarkan kesepakatan, PLD dianggap layak mendapat tambahan operasional sebesar 1,1 juta.

“Kami sudah sepakat akan mengajukan tambahan operasional sebesar Rp 1,1 juta. Uang operasional saat ini hanya cukup untuk operasional fasilitasi di satu desa saja. Sedangkan PLD rata-rata mendampingi dan memfasilitasi sebanyak 4 desa,” sambungnya.

Lanjut Sasli Rois mengatakan, dasar dari permohonan tambahan tunjangan operasional ini mengacu pada surat dari Dirjen Kementerian Desa (Kemendes), Taufik Madjid tertanggal 29 Maret 2018 lalu. Surat itu ditujukan langsung kepada Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

“Dengan terbitnya surat itu, kami selaku PLD Kabupaten Jember berharap kepada Bupati Jember dr Faida agar permohonan tambahan operasional bisa direalisasi dan dikabulkan,” pungkasnya. (mam)