Share

BONDOWOSO – Penjabat sementara (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, Agung Trihandono, menginstruksikan Pemerintah Kecamatan untuk segera mendata Sekretaris Desa (Sekdes) yang berstatus PNS. Rencananya, para Sekdes berstatus PNS tersebut akan dipindahtugaskan lantaran adanya larangan jabatan Sekdes diduduki oleh PNS.

“Sesuai UU Sekdes yang PNS harus ditarik. Tinggal Bondowoso yg belum melakukan itu,” ujarnya pada acara arahan Bupati kepada Kepala Desa di Pendapa Bupati, Kamis (17/1) malam.

Setelah pendataan rampung, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan memindahtugaskan mereka ke berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Selanjutnya rapat dengan BKD. Nanti mereka akan ditenpatkan pada unit-unit selain pemerintahan desa. Bisa di kelurahan, Kecamatan, bisa juga di OPD. Apalagi saat ini banyak OPD yang kekurangan staf,” ungkapnya.

Ia mengimbau agar instruksi tersebut harus segara dilaksanakan. Karena jika tetap masih menjabat, Tunjangan Kinerja (Tukin) PNS yang bersangkutan tidak bisa dicairkan. Dikarenakan tidak memenuhi kualifikasi kelas jabatan.

“Kabag Organisasi bilang, bahwa PNS dapat Tunjangan Kinerja (Tukin), kalau mereka tetap jadi Sekdes, tukinnya gak bisa dicairkan karena tidak ada kelas jabatannya,” tambahnya.

Pj Sekda Agung mengimbau kepada para Kepala Desa agar bijak dalam mengangkat Sekdes pengganti. Proses pengangkatan selanjutnya harus berdasarkan profesionalitas. “Tapi nanti jangan sukur-sukur mengganti,” tutupnya. (abr)