Share


BONDOWOSO – Ketua DPRD Bondowoso H. Ahmad Dhafir membacakan ikrar santri nasional pada apel akbar peringatan Hari Santri Nasional ke-2 yang dilaksanakan oleh Pemkab Bondowoso di Alun-alun RBA Ki Ronggo, Minggu (22/10) sore.

Pantauan Memo Indonesia, Upacara formal  itu berjalan cukup khidmat. Bunyi ikrar Santi Nasional tersebut di antaranya adalah berpegang teguh pada akidah ahlusunnah wal jamaah. Bertanah air Indonesia dan berideologi Pancasila. “Santri nasional juga harus siap mengorbankan jiwa dan raga demi membela tanah air,” imbuh Ahmad Dhafir kemudian disusul oleh ratusan santri yang memadati Alun-alun.

Usai apel, Ahmad Dhafir mengungkapkan bahwa santri hari ini harus ingat dengan perjuangan santri terdahu yang telah berjuang menegakkan bangsa Indonesia. Dhafir mengimbau agar santri saat ini dapat menjaga apa yang telah santri terdahu perjuangkan. Santri hari ini harus mempunyai jiwa patriotisme tinggi agar kemerdekaan yang telah mereka titipkan dirawat dengan baik.

“Dulu para ulama telah berjuang untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Lalu perjuangan kita hari ini selaku penerus adalah melanjutkan apa yang menjadi cita-cita ulama yaitu tegaknya bangsa. Santri hari harus memiliki jiwa patriotisme tinggi. Karena pada dirinya tertanam amanah yang dititipkan oleh santri terdahulu,” tambah Dhafir. (abr)