Share

BONDOWOSO – Kontestasi Pemilihan Kepala Desa Desa Kasemek, Tenggarang diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, rivalitas antara Febri Kristian Ludianto dan Ahmad Hanaki kembali terulang.

Kendati Febri berhasil memenangkan Pilkades 2016, namun perolehan suaranya hanya unggul 16 suara dari Hanaki. Artinya, kekuatan keduanya tak beda jauh.

Salah seorang pemuda desa Kasemek, Abd Wakil, memprediksi jika suhu Pilkades tahun ini tak beda jauh dari Pilkades sebelumnya. Ia menilai Febri sebagai calon incumbent akan matian-matian mempertahankan kejayaannya. Begitu pula dengan Hanaki, yang akan bersikeras menebus kekalahannya di masa lalu.

“Febri dan Hanaki sama-sama baik di mata warga. Buktinya selisih suara keduanya di Pilkades sebelumnya hanya sedikit. Febri tentu akan mempertahankan kedudukannya dan Hanaki tentu tak ingin mengulangi kekalahanya,” terangnya, Jumat (8/10/2021).

Wakil menyatakan bahwa baik Febri maupun Hanaki sudah menghidupkan mesin politiknya masing-masing.

Secara hitung-hitungan kasar, Ia mengklaim calon incumbent lebih banyak memiliki keunggulan dan peluang kemenangan lebih besar. Pasalnya, selain kemungkinan besar memiliki modal kampanye lebih banyak, batindak-tanduk kepemimpinanya sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Jika warga suka atau puas dengan kepemimpinanya pasti dililih kembali. Bisa jadi justru sebaliknya,” ungkapnya.

Baca Juga : Bupati Situbondo Pantau Tanaman Padi BK 900 di Sumberkolak

Sementara calon penantang seperti Hanaki hanya berbekal konstituennya di masa lalu yang mungkin masih setia memilihnya kembali. Sambil-lalu berharap ada warga yang justru ingin merasakan kepemimpinan Hanaki. Ingin berganti kepala desa.

“Inikan demokrasi. Semua tergantung pilihan masyarakat. Termasuk saya sendiri nanti pasti punya pilihan. Sekarang lebih baik lihat dulu apa visi-misi meraka berdua yang ditawarkan,” ungkapnya.

Terlepas dari persaingan keduanya, sebagai warga desa Wakil mengaku bangga memiliki aset calon kepala desa yang sudah pasti bertekad memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat.

“Sebagai warga biasa saya berharap niat kedunya nyalon Kades benar-benar tulus untuk mengabdi pada warga,” pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia Pilkades Kasemek, Mahfud Effendi, menyatakan keduanya sudah lulus penyaringan dan penelitian berkas kelengkapan bakal calon kades.

“Ada tiga bakal calon kades Kasemek. Febri Hanaki dan Hafifah,” terangnya.

Untuk informasi, penetapan dan pengumuman calon kepala desa akan berlangsung 20 September. Sementara pemungutan suara akan dilakukan 15 November mendatang. (abr)