Share

BONDOWOSO – Petani di Kecamatan Cermee mengeluhkan susahnya aliran air untuk sawah-sawah mereka. Karena itulah, mereka meminta bantuan pompa air atau pun pipanisasi.

Keluhan-keluhan ini disampaikan oleh masyarakat petani saat Pj Bupati Bambang Soekwanto berkeliling menyerahkan pupuk NPK majemuk, pada Sabtu (15/6/2024).

Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto mengatakan, Bondowoso melalui Kementerian Pertanian mendapatkan jatah 100 titik bantuan pengeboran air.

“Tahun ini, makanya kami survei juga, “katanya.

Menurutnya, tidak semua wilayah mendapatkan bantuan tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan wilayah. Adapun, lokasi penerima bantuan pengeboran air karena di wilayah tersebut hanya panen setahun sekali.

“Ini jatahnya dari pusat, ” imbuhnya.

Baca Juga : Mall Citiplaza Bondowoso Berbagi 3 Ekor Kambing di Idul Adha 1445 H

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Bondowoso juga menyerahkan bantuan pupuk NPK majemuk.

Ia menerangkan bantuan diberikan dengan harapan bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan harapan bisa menjaga ketahanan pangan di Bondowoso.

Karena itulah, dirinya berharap agar masyarakat petani benar memafaatkan betul pupuk tersebut. Di lain sisi, dirinya menegaskan bahwa tak ada biaya apa pun untuk bantuan tersebut alias gratis.

“InsyAllah tidak ada Pungli, InsyAllah semua Kades amanah. Jika ada silahkan laporkan ke saya, Dispertan juga bisa,” pungkasnya.(Och)