Share

 

SURABAYA – Kegiatan pesisir berseri dengan menanam tanaman cemara udang dan melakukan bersih-bersih di sekitar pesisir pantai sebagai upaya untuk mendorong masyarakat berpola hidup bersih guna menjaga kelestarian dan fungsi lingkungan hidup serta mendukung program pembangunan kelautan dan perikanan di Indonesia. Demikian dikatakan Pratiwi Sulistyani, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Bulu Kabupaten Tuban usai Gerakan pesisir berseri yang bertemakan “Pantaiku bersih, Lestari dan Berseri” dengan menanam 400an batang cemara udang dan 50 pohon kelapa dan bersih-bersih di kawasan pesisir di Desa Bulu Meduro Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, kemarin.

Perempuan yang akrab disapa Yani ini mengatakan melalui Gerakan Pesisir Berseri ini dengan tujuan menghijaukan pantai menjadi lebih hijau, teduh, dan sejuk, Sekaligus menyelamatkan wilayah pantai dari abrasi.

“Tanaman cemara udang kita manfaatkan untuk penghijauan, yang nantinya memiliki 2 fungsi yang kita harapkan. Meliputi kelestarian alam dan manfaat wisata nantinya,” katanya.

Selain berfungsi sebagai pelabuhan nelayan, dijelaskannya UPT P2SKP Bulu Kabupaten Tuban ke depannya akan dibuat sebagai taman wisata pesisir yang bisa berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan karena hijau pantaiku, bersih, teduh dan asri. “Ke depannya nanti akan menjadi obyek wisata yang asri, edukasi untuk pembelajaran dan akan berimbas positif pada tingkat perekonomian masyarakat setempat,” paparnya.

Diharapkan setelah dilakukan penghijauan di UPT P2SKP Bulu Kabupaten Tuban ini agar warga sekitar, baik nelayan ataupun pengunjung tetap merawat dan menjaga agar taman wisata pesisir tetap asri dan sejuk. “Agar tercipta kondisi wilayah pesisir yang nyaman dan asri diperlukan peran serta masyarakat untuk memiliki kesadaran akan pentingnya kawasan hijau dipesisir pantai yang nantinya dapat dirasakan kembali oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Hadi Iswanto SPI,MM Kasubag TU UPT P2SKP Bulu menambahkan, gerakan pesisir berseri ini selain menanam cemara udang di pesisir pantai juga dilakukan bersih-bersih lingkungan pantai. “Kegiatan ini juga melibatkan karang taruna Bulu Meduru dan Banjarjo,Tokoh Masyarakat dan 200an Siswa-siswi SMA Desa Bulu Meduro Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban. “Dipilihnya peran Pemuda khususnya kalangan pelajar karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa dan diharapkan menjadi pelopor untuk mewujudkan program pesisir berseri dan menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

Sekedar diketahui, Pesisir Berseri 2018 “Pantaiku Bersih, Lestari dan Berseri” yang dilakukan oleh UPT P2SKP Bulu, Tuban dihadiri oleh Kapten Inf Priwahyudi Danramil 0811/12 Bancar, Ipda Edy Siswanto Wakapolsek Bancar, Tuban, Kamladu Wilayah, Kepala desa Bulu Meduro dan Banjarjo, Ketua HNSI dan Rukun nelayan, Tokoh masyarakat dan 200an Siswa-siswi SMA Desa Bulu Meduro Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban serta kegiatan ini juga di isi oleh peraih Kalpataru 2010 kategori perintis lingkungan H.Ali Mansur

Pesisir berseri 2018 ini semakin meriah dengan banyaknya funs game yang berhadiah doorprice dari panitia yang di ikuti oleh seluruh peserta.Serta di iringi hiburan musik dan tongklek (hiburan khas Kabupaten Tuban). (ags)