BONDOWOSO – sepuluh pelajar peserta upacara tergeletak pingsan saat mengikuti upacara penurunan bendera Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia di Alun-alun Ki Bagus Asra Bondowoso, Jumat (17/8).

Sejumlah peserta satu-persatu terjatuh dan harus diboyong menggunakan tandu ke tenda yang telah disediakan oleh petugas kesehatan.

Di dalam tenda, tim kesehatan yang terdiri dari berbagai instansi langsung memberikan pertolongan pertama dengan memberikan air mineral, kemudian diberikan obat-obatan.

“Yang pingsan lumayan banyak. Ketika ada peserta yang pingsan kami langsung memberikan pertolongan,” ujar Harry, salah satu petugas kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI), saat ditemui di Lapangan.

Ia mengatakan, kebanyakan peserta upacara yang pingsan itu karena kondisinya daya tahan tubuhnya mulai melemah, lantaran kurang istirahat setelah mengikuti upacara penaikan bendera pada siang harinya.

“Kemungkinan tubuh mereka sudah kelelahan karena kurang istirahat. Kan siang td mereka juga ikut penaikan bendera. Ditambah cuaca saat ini anginnya cukup kencang sedangkan tadi mereka kepanasan jadi mereka kebanyakan mengalami pusing,”katanya.

Meskipun ada peserta yang pingsan saat upacara berlangsung, pelaksanaan upacara penurunan bendera tidak terganggu dan tetap berjalan dengan lancar. (abr)