Share

BONDOWOSO – Plt. Sekertaris Daerah Karna Suswandi yang juga merupakan Kepala Dinas PUPR ini mengaku mendapat empat pesan penting dari Bupati Amin Said Husni saat kali pertama menduduki posisi sebagai Kepala Dinas PUPR. Empat pesan penting itu pun, dijadikan sebagai kunci utama dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di kabupaten yang dikenal sebagai Bondowoso Republik Kopi (BRK) ini.

“Saya ingat tepatnya kalau ndak salah sama dengan hari kelahiran saya Kamis Kliwon, tepatnya tanggal 5 Januari 2017, oleh Bapak Bupati Amin, saya memohon petunjuk kepada beliau selama saya memimpin dinas PUPR,”tambhanya.

Pertama, Bupati Amin, seperti dikutip dari penyampaian Karna Suswandi, meminta agar kemantapan jalan di kabupaten Bondowoso terus ditingkatkan. Pada tahun 2017, pihaknya ditargetkan untuk bisa memantapkan jalan hingga di angka 54 persen. Sedangkan, di tahun 2018 ini target tersebt meningkat jadi 55 persen.

“Capaian dinas PUPR untuk kemantapan jalan sudah mencapai 58 persen. Dan untuk 2018, perlu disampaikan Pak Bupati targetnya 55 tapi sampai hari ini masih belum PAK, target kita sudah terlampaui sudah mencapai 56,8 dan ini akan dilanjutkan. Mudah-mudahan capaian kita bisa melebihidari target RPJMD,” urainya saat menyampaikan sambutan di acara Peresmian Jalan Cerme – Solor, Rabu (8/8).

Kemudian pesan kedua, dititik beratkan pada pelaksanaan pembangunan jalan-jalan menuju objek wisata harus segera diperbaiki di seluruh wilayah Bondowoso. Pihaknya pun berhasil melampaui target tersebut hingga di angka 86 persen, dari target pengembangan jalan di daerah daerah-daerah wisata dan produk produk ekonomi adalah 40 persen.
Alhamdulillah di tahu 2017, banyak kegiatan yang sudah kita arahkan ke daerah-dearah wisata itu jadi yang pertama adalah termasuk jalan Solor ini, yang kedua jalan yang menuju KawahIijen, ketiga jalan ke Kawah Wurung, keempat jalan menuju paralajayang, dan kelima ke Tancak Kembar,”urainya.

Tak kalah penting, bahwa pembangunan jalan di arahkan kepada pusat-pusat pertumbuhan ekonomi. Akhirnya, Dinas PUPR, kata Karna Suswandi, membangun jalan yang menuju kluster kopi, pertanian organic. Termasuk di dalam rangka mempertahankan swasembda pangan juga dibangun jalan-jalan ke arah sana. Ini untuk terus bisa menumbuhkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pada akhinrya bisa meningkat kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

“Terakhir adalah pembangunan jalan di daerah-dearah terpencil agar pembangunan jalannya terus di kebut. Empat hal yang beliau titipkan kepada saya,”pungkasnya. (och)