Share

SITUBONDO – Untuk pertama kalinya Pemerintah Daerah Situbondo menggelar Festival Anyer Panarukan 1.000 KM, pada Selasa (27/12/2022) malam.

Festival tersebut menyajikan drama yang menceritkan sejarah terbangunnya infrastruktur jalan dari Anyer hingga Penarukan pada masa penjajahan Belanda.

Tampak, dalam festival itu menyajikan drama yanh menceritakan pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan sepanjang 1.000 kilometer dipimpin oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels.

Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan dibuka pada masa pemerintahan Daendels, sebagai usaha untuk mempertahankan ekonomi dan militer Pulau Jawa.

Dalam pelaksanaannya sendiri diceritakan bahwa dilakukan dengan kerja paksa dan tanpa upah terhadap masyarakat pribumi. Bahkan, hingga memakan korban.

Bupati Karna Suswandi, dalam sambutannya mengatakan, sebelum dilaksanakan festival ini. Dirinya bahkan meminta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mengkaji sejarah Anyer-Penarukan.

Sehingga, hari ini dituangkan dalam festival yang pertama kali dilaksanakan ini.

Baca Juga : Jelang Tahun Baru, Wisatawan Diimbau Waspadai Destinasi Wisata yang Masuk Rawan Bencana

“Saya yakin sejarah ini adalah sejarah yang luar biasa. Betapa banyak pengorbanan masyarakat kita, baik pengorbanan tenaga, pikiran, untuk bisa membuat jalan Anyer -Penarukan,” katanya.

Karena itulah, Bung Karna berharap dengan menonton sejarah ini, tak hanya ingat akan sejarah. Tapi yang lebih penting sejarah ini bisa menyatukan. Bisa menggugah dan sekaligus bisa memberi motivasi pada semua pihak.

“Mari kita bersemangat untuk mengambil manfaat dari sejarah Anyer-Penarukan ini. Sehingga ke depan Situbondo menjadi kabupaten yang maju, mandiri dalam rangka menumbuh kembangkan perekonomian,” urainya.

Ia pun mengharapkan festival ini akan menjadi agenda rutin Pemkab Situbondo ke depan. Karena itulah, pendalaman terhadap sejarah ini terus dikembangkan.

“Sehingga ke depan bisa menyuguhkan pagelaran yang sangat menarik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu turut pula dilaunching Calender of Event 2023 di Kabupaten Situbondo.(Och)