BONDOWOSO – Sebanyak 90 regu dari sejumlah sekolah dasar di Bondowoso menyemarakkan lomba gerak jalan dalam rangka peringatan HUT RI ke-73. Mereka memulai start dari depan pendapa Bupati, Jl. Letnan Karsono secara bergiliran sejak jam 08.00 pagi.

Para peserta akan mengitari jalan lingkar kota, mulai dari Jl. Letnan Karsono, Jl. PB Sudirman, Jl. Teuku Umar, Jl. RE Martadinata, kemudian Finis di Jl. Letnan Sudiono di depan Lapas Bondowoso.

Kepala Bidang Paud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, Dra. Murni M.Si yang melepas langsung para peserta mengungkapkan, bahwa digelarnya gerak jalan tersebut bukan hanya untuk menjadi ajang perlobaan semata, melainkan sebagai bentuk untuk memupuk jiwa patriotisme para generasi penurus bangsa.

“Gerak jalan ini tujuannya utama bukan untuk kejuaraan. Melainkan
Penanaman rasa nasionalisme, kebangsaan sebagai wujud penggormatan kepada para pejuang bangsa indonesia yang telah gugur mendahului kita,” ucapnya kepada memoindonesia.com, Selasa (7/8).

Murni menjelaskan, bahwa sudah sepatutnya kemerdekaan ini diisi dengan penanaman kedisiplinan untuk mencetak karakter generasi penerus yang tangguh, serta selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan.

“Kita sudah tidak ikut berperang, sekarang bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini dengan penanaman kedisiplinan dan karakter,” tambahnya.

Untuk informasi, gerak jalan pelajar tersebut akan digelar hingga 3 hari ke-depan. Rencananya, hari ini akan digelar untuk pelajar SMP serta lusa untuk pelajar SMA dan MA. (abr)