Share

SITUBONDO – Bupati Karna Suswandi memimpin jalannya upacara peringatan HUT PMI ke 77, di Alun-alun Situbondo, Senin (19/9/2022) pagi.

Dalam rangkaian upacara itu, tampak juga dilakukan pemberian piagam penghargaan bagi pendonor yang telah mencapai 50 kali.

Selain itu, juga memberikan bantuan sembako bagi 400 orang becak yang terdampak kenaikan BBM.

Ketua PMI Kabupaten Situbondo, Sofwan Hadi, menerangkan, bahwa pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor. Karena, berkat mereka, ketersediaan stok darah di Situbondo jadi bisa terpenuhi.

“Adanya para pendonor tersebut, ketersediaan stok darah untuk kebutuhan di berbagai rumah sakit bisa terpenuhi dan kita tidak pernah kekurangan stok darah,” ujarnya.

Pihaknya juga akan terus berupaya untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan donor darah sebagai bagian upaya meningkatkan capaian stok darah. Salah satunya, yaitu ke depan PMI Cabang Situbondo akan membuka gerai donor di tiga wilayah.

“Di wilayah Besuki satu gerai, di kota satu gerai dan di Asembagus satu gerai,” jelasnya.

Ia juga menjabarkan bahwa sebelum itu pihaknya juga telah banyak melaksanakan kegiatan sosial. Di antaranya pelaksanaan donor darah dan pengobatan masal bagi masyarakat kurang mampu.

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Sediakan 985 Formasi P3K

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Situbondo, Karna Suswandi berharap agar PMI Situbondo lebih meningkatkan kinerja sesuai prinsip dasar gerakan PMI. Yaitu, kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan Kesemestaan.

” Jika prinsip dasar PMI betul – betul dilaksanakan, maka pelayanan terhadap masyarakat pun akan terlaksana dengan baik. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih pada karyawan, relawan dan jajaran pengurus PMI atas dedikasi dalam pengabdiannya selama ini,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, acara HUT PMI ke 77 juga diikuti dengan pelepasan bendera bendera Pataka “Jer Basuki Mawa Bea”.

Seperti diketahui, kirab bendera Pataka “Jer Basuki Mawa Bea” sebagai rangkaian peringatan hari jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur, telah tiba di Kabupaten Situbondo, sejak Minggu (18/9/2022) kemarin.

Sehari setelahnya, yakni Senin (19/9/2022), bendera tersebut akan dikirab kembali ke kabupaten lainnya.

Pelepasannya dilakukan saat upacara peringatan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Situbondo ke 77 di Alun-alun kota.

Bupati Situbondo Karna Suswandi menyerahkan bendera kirab Pataka pada Kasatpol PP H Buchori dalam upacara itu.

Selanjutnya, bendera tersebut disebut akan dibawa oleh rombongan satpol PP Situbondo dipimpin langsung oleh Kasatpol PP Bochori untuk diserahkan ke Bupati Banyuwangi.(Ipung)