BONDOWOSO – Puluhan pelajar di bawah usia 12 tahun di Bondowoso mengikuti lomba Tartil dan Diba’iyah yang diselenggarakan oleh Kemenang setempat, di Aula Disparpora, Senin (20/8). Pelajar-pelajar ini mewakili setiap kecamatan, sehingga total ada sekitar 23 putra daerah perempuan dan laki-laki yang saling unjuk gigi kemampuan membaca Al Qur’an itu.
Muftiatul Karimah, Kasubag TU Kemenag Bondowoso, menuturkan, bahwa lomba ini digelar untuk memperingathi HUT RI ke-73, sekaligus memupuk kecintaan generasi muda terhadap Al Qur’an.
“Dengan adanya kompetisi ini kita tau nahwa hasil dari pembinaan dari para kiyai dan ustadzah bisa ditunjukkan disini,”urianya.
Ia pun menerangkan bahwa ini juga bentuk upaya pihaknya membantu menanamkan pendidikan karakter melalui lomba tartil Al Qur’an. Seperti ketekunan, sportfivitas, dan kecintaan terhadap Al Qur’an.
Adapun, pemenang dalam lomba tersebut yakni, untuk kategori putri, peringkat puncak diraih oleh Dina Fitrotul dari kecamatan Wringin. Sedangkan juara satu kategori Putra dimenangkan oleh Putra dari kecamatan Botolinggo.
Putra pada Memo Indonesia, mengungkapkan sempat gugup saat melantunkan bacaannya. Sebab ini adalah kali pertama ia mengikuti kompetisi tersebut. Meski demikian, Putra tetap merasa senang bisa mengikuti kompetisi ini.
”Acara seperti ini sangat baik dan saya berharap ke depan skala acaranya bisa lebih luas,” ungkapnya.(och)