Share

SITUBONDO – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Situbondo turun hingga ke tingkat rukun tetangga (RT) untuk mempercepat vaksinasi. Kegiatan ini dilakukan agar penyebaran virus corona di Kota Santri dapat dikendalikan.

“Pola yang kita lakukan sudah sesuai arahan bapak bupati kemarin, vaksinasi Covid-19 jangan berputar di Puskesmas saja. Alhamdulillah mulai hari ini petugas vaksinator mulai turun ke RT-RT,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo, Syaifullah, Kamis (17/6/2021).

Syaifullah mengungkapkan, hingga kemarin, Rabu (16/6/2021), vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama sudah menyasar 31 ribu lebih masyarakat. Kemudian, untuk dosis ke dua sekitar 16 ribu. Jadi total masyarakat Kota Santri yang sudah divaksin sekitar 47 ribu.

“Sudah menyentuh puluhan ribu masyarakat kita, baik itu yang dosis pertama maupun dosis ke dua,” tegasnya

Lebih lanjut, Syaifullah mengatakan, vaksinasi Covid-19 juga sudah menyentuh semua kalangan. Yakni, pelayanan publik, tenaga kesehatan dan masyarakat rentan dan kaum lansia.

“Tentunya (vaksinasi Covid-19 -red) secara bertahap sudah kita berikan. Baik itu tahap dosis pertama maupun ke dua,” ucapnya.

Baca Juga : Ada Klaster Hajatan, Uji Coba PTM di Kecamatan Binakal Dihentikan

Syaifullah menegaskan, ketersediaan stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Situbondo tergantung dari jumlah masyarakat. “Setiap rencana vaksinasi yang kita ajukan, maka berapapun dosisnya pasti disetujui oleh pemerintah provinsi,” paparnya.

Syaifullah menjelaskan, lonjakan kasus positif Covid-19 hampir terjadi seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Timur.

“Kita ada diurutan ke 23 dan masuk zona orange (resiko sedang). Di provinsi hanya 4 daerah yang zona kuning,” imbuhnya.

Syaifullah berpesan kepada masyarakat Situbondo untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan selalu menerapkan 5M.

“Kami mengajak kepada warga untuk tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak satu dengan lainnya, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya. (Ozi)