BONDOWOSO – Seluruh SMA dan SMK di Kabupaten Bondowoso siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak 2017. Berbagai perangkat untuk ujian akhir bagi siswa-siswi kelas XII disiapkan masing-masing sekolah yang mengikuti UNBK yang digelar bulan April mendatang.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Bondowoso Mahrus Samsul, menjelaskan persiapan komputer sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh pihak sekolah. Diakuinya tidak semua sekolah memiliki Komputer yang mencukupi sesuai dengan jumlah murid. Namun, para kepala sekolah yang sekolahnya kekurangan komputer sudah mencari solusinya. Di antaranya dengan cara sewa, atau pun bekerjasama dengan pihak lain.

Dia menyontohkan SMA Negeri Prajekan yang bekerjasama dengan Gedung Info untuk memenuhi semua kekurangan komputer dalam UNBK ini. “Ternyata menemukan cara. Tidak mengeluarkan dana yang banyak sudah bisa memenuhi kebutuhan komputer yang diperlukan,” ujarnya.

Mengenai jariangan Internet, Mahrus tak khawatir tersendat. Karena sudah bekerjasama dengan Telkom. Menurutnya Telkom sudah berkomitmen untuk menyediakan jaringan Internet yang stabil.

Kendati demikian, kata Mahrus, ada beberapa sekolah yang telah bekerjasama dengan pihak lain untuk lebih melancarkan jaringan internet. Karena terdapat daerah  yang jaringannya lemah. Salah satunya daerah Wringin.

Terkait dengan kekhawatiran terjadinya pemadaman saat pelaksanaan ujian, Mahrus mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN Bondowoso yang sudah memastikan tidak akan terjadi pemadaman. Namun, Mahrus mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan gangguan dari alam. Oleh karena itu, hampir semua sekolah telah menyiapkan genset.

“Ini ternyata temen-temen Kepala sekolah sangat tanggap dengan prediksi gangguan alam. Mereka rata–rata memeiliki genset yang semula belum ada genset. Itu ada yang beli. Jadi banyak yang baru genset-genset di sekolah.Tapi ada juga sekolah-sekolah yang sewa.” Paparnya.

Dia memaparkan, di Bondowoso terdapat 10 SMA Negeri, 29 SMA Swasta, 18 MK Negeri dan 30 SMK swasta yang akan menjadi tempat ujian serentak UNBK 2017. Pelaksanaan UNBK serentak ini akan digelar tanggal 4-6 April untuk SMA. Sementara untuk SMK akan digelar 10-13 April mendatang. (och/esb)