Share

SITUBONDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pengobatan kesehatan gratis untuk para Lansia, Kamis (25/5/2023). Acara tersebut berlangsung di RT02/RW03, Lingkungan Karangasem, Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo.

Untuk mendukung kegiatan pengobatan gratis ini, Dinkes menerjunkan dokter dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi sempat memantau pelaksanaan kegiatan tersebut. Pria yang akrab disapa Bung Karna ini pun mengapresiasi inovasi yang dibuat Dinkes Situbondo itu.

“Alhamdulillah pengobatan gratis untuk para Lansia ini berjalan dengan baik. Tujuannya tentu, untuk memberikan kemudahan kepada para Lansia. Sehingga mereka tidak lagi harus datang ke Puskesmas-Puskesmas, tetapi Puskesmas yang datang ke setiap RT,” ucapnya kepada awak media.

Baca Juga : Lanjutkan Pendidikan’ Pesan Bupati Situbondo kepada Wali Murid SMPN 3 Panji

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini menyampaikan, kegiatan tersebut bakal intens dilakukan di RT-RT yang ada di Kota Santri Pancasila. “Insya Allah ini terus dilakukan, sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik. Insya Allah kita akan lakukan ini secara bertahap, kita tuntaskan dulu di Kecamatan Situbondo Kota ya,” bebernya.

Sementara itu, Kadinkes Situbondo, dr. Sandy Hedrayono menjelaskan, jenis pengobatan gratis yang diberikan kepada para Lansia, yakni skrining kesehatan yang meliputi diabetes melitus, hipertensi, kolesterol, mental emosional (SRQ), dan konsultasi dokter.

“Jadi pengobatan kesehatan gratis untuk para Lansia ini inovasi jajaran Dinkes Situbondo yang bekerjasama dengan kelurahan, kecamatan dan Polsek serta Koramil,” ucap Mantan Direktur RSUD Asembagus ini.

Di tempat yang sama, Camat Situbondo Kota, Jupri Setyo Utomo menjelaskan, para Lansia sangat antusias dalam menghadiri pengobatan kesehatan gratis tersebut. “Kemarin kita targetkan 118, tapi Insya Allah yang hadir lebih dari itu. Tadi sekitar 150 Lansia,” pungkasnya. (Adv/Ozi)