Share

 

BONDOWOSO – Tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bondowoso pada tahun 2017 mencapai 1,56. Angka ini lebih rendah dibanding tahun sebelumnya, yakni 1,65. Walaupun telah terjadi penurunan, jumlah pengangguran di Bondowoso masih cukup besar yakni mencapai 8.440 orang.

Demikian disampaikan oleh Bupati Salwa Arifin, saat membuka acara Pameran Kesempatan Kerja, Job Fair 2018, Kabupaten Bondowoso dan Launching Sikerja, di Aula BLK, Kamis (1/11).

Bupati Salwa menerangkan, dengan kondisi demikian diperlukan upaya untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Yakni, dengan memberikan keseimbangan antara kebutuhan angkatan kerja yang lebih cepat. Daripada pertumbuhan kesempatan kerja yang menjadi penyebab tingginya angka pengangguran di Bondowoso.

Pemerintah melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bondowoso pun bersinergi dengan pengusaha.

“Dan terus berusaha mengentaskan permasalahan tenaga kerja melalui pelaksanaan bursa kerja,” tuturnya.

Di samping itu, kata Bupati Salwa, Pemerintah Kabupaten juga membuat aplikasi Sikerja (Sistem Infornasi Kesempatan Kerja) berbasis android.  Dengan aplikasi ini, para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja  dapat langsung mengakses informasi dan kesempatan kerja secara online dengan cepat, tepat dan efisien.

Sementara itu, Purno Winardi, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, mengatakan,  aplikasi sistem informasi kesempatan kerja ini bisa diakses dimana pun melalui smartphone, laptop, maupun tablet, selama terkoneksi dengan internet.

“Aplikasi Sikerja memberikan manfaat bagi pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja,” tuturnya.

Salah satunya, yakni pencari kerja bisa membuat kartu pencari kerja secara online. Sehingga bisa diproses di rumah masing-masing melalui android. Bagi perusahaan bisa mencari pekerja sesuai dengan kualifikasi.

Adapun, pada Pameran Kesempatan Kerja Job  Fair ini sedikitnya ada 36 perusahaan dari dalam dan luar kota yang menyediakan sekitar 1.237 lowongan kerja. Dengan berbagai jabatan yang dibutuhkan, yakni manager financial, konsultan, kasir, supervisor, supervisor marketing, account officer, administrator officer, resepsionist, dan posisi lainnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kapolres Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Komandan Kodim 0822 Letkol Inf. Tarmuji,  Kepala Kejaksaan Negeri Taufik H, Plt. Sekertaris Daerah Karna Suswandi, Andi Taufiq – Kasubag TU Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Kementrian Tenaga Kerjia RI. (Och)