BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso akan membuka masa pendaftaran partai politik untuk menjadi peserta Pemilu serentak 2019 mulai besok 3 Oktober 2017. Parpol yang hendak mengikuti Pemilu wajib mendaftarkan diri pada saat itu. Masa pendaftaran dibuka hingga 16 Oktober 2017.

“Jadi kami mengimbau kepada seluruh Parpol peserta pemilu 2014 maupun Parpol yang masih baru untuk bisa mendaftarkan kepada KPU.”

Demikian disampaikan oleh Hairul Anam, Ketua Komisioner KPU Bondowoso, saat menggelar Press Release Tahapan Pendaftaran Penelitian Administrasi Verifikasi Faktual dan Penetapan Parpol tahun 2019, Senin (2/10), di Ball room Hotel Palm.

 

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Anggarkan Rp 50 M Lebih untuk Pilkada 2018

 

Menurut Hairul Anam, setelah masa pendaftaran, penyelenggara pemilu akan melakukan verifikasi faktual untuk mengecek kelengkapan persyaratan parpol yang hendak menjadi peserta pemilu. Verifikasi dilakukan dengan menurunkan petugas ke daerah. Saat verifikasi petugas akan mengecek kebenaran lokasi kantor, jumlah anggota, dan status kader semua partai. Verifikasi faktual dilakukan mulai 15 Desember 2017, namun sebelum itu dilakukan verifikasi administrasi.

“Kemudian pada 17 Oktober hingga 15 November 2017 adalah tahapan penelitian administrasi. Jadi kami nanti akan melakukan penelitian terhadap dokumen yang dikumpulkan parpol. Kemudian pada 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018 adalah proses verifikasi faktual,” pungkasnya.

Sementara itu, saat ini ada 73 parpol yang terdaftar di pusat data Kementerian Hukum dan HAM. Puluhan parpol itu bisa mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 ke KPU. (och)